Bagikan:

JAKARTA - Setelah meluncurkan HomePod 2 pada awal 2023, Apple kembali menjadi pusat perhatian dengan berbagai rumor menarik tentang model baru HomePod yang dilengkapi dengan layar. Rumor-rumor ini mengungkapkan dua konsep utama: layar pintar yang lebih tradisional dan perangkat meja canggih dengan lengan robotik.

Menurut analis terkenal Ming-Chi Kuo, produk layar pintar Apple akan memiliki layar LCD 7 inci, mirip dengan Amazon Echo Show. Perangkat ini akan sempurna untuk panggilan FaceTime, mengontrol aksesori rumah pintar, dan berinteraksi dengan Siri. Apple telah menguji tvOS pada iPad mini, menunjukkan bahwa ukuran layar yang serupa akan digunakan untuk produk ini.

Bulan lalu, MacRumors menemukan perangkat yang belum dirilis, disebut “HomeAccessory17,1” dalam kode backend Apple. Perangkat ini kemungkinan akan menggunakan chip A18 yang akan debut dengan iPhone 16. Jika HomePod dengan layar ini menggunakan chip A18, perangkat ini akan mendukung Apple Intelligence, memberikan peningkatan besar pada Siri.

Mark Gurman dari Bloomberg mengungkapkan kemungkinan layar pintar mirip iPad yang bisa dipasang secara magnetis di dinding. Apple juga mungkin mengembangkan ekosistem aksesori tambahan, seperti dudukan speaker magnetik, mirip dengan Google Pixel Tablet.

Apple telah lama dirumorkan mengembangkan sistem operasi baru bernama homeOS. Baru-baru ini, referensi homeOS ditemukan dalam tvOS 17.4. Produk HomePod baru dengan layar kemungkinan akan menggabungkan branding ini.

Setelah membatalkan proyek Apple Car, Apple mengalihkan fokus pada produk robotik rumah. Salah satu produk yang menarik adalah perangkat robotik meja dengan layar, yang dapat mengikuti gerakan kepala pengguna saat FaceTime. Namun, Apple masih mempertimbangkan apakah pasar siap untuk produk canggih ini.

Apple jelas berinvestasi besar-besaran dalam produk rumah pintar. Kita kemungkinan akan melihat pengembangan terbaru mereka dalam waktu dekat. Apple juga bereksperimen dengan HomePod dengan layar LCD melingkar di atasnya, menandakan bahwa inovasi ini sedang dalam tahap lanjut.