Bagikan:

JAKARTA – Microsoft akan menambahkan tampilan baru di menu Start untuk perangkat Windows. Tampilan yang sedang dikerjakan ini akan memunculkan aplikasi berdasarkan kategori.

Ditemukan pertama kali oleh akun PanthomOfEarth, dikutip dari XDA Developers, fitur ini terlihat di dalam pembaruan Windows 11 versi beta build 22635.3930. Kabarnya, fitur ini hampir selesai dikerjakan dan akan dirilis dalam waktu dekat.

Meski telah ditambahkan ke versi beta, fitur ini tidak akan terlihat di dalam patch notes karena masih dikerjakan oleh Microsoft. Pilihan kategori bisa terlihat jika pengembang yang menggunakan versi beta mengubah sistemnya menggunakan ViveTool.

Kategori akan muncul saat pengguna membuka menu Start dan mengeklik opsi Semua Aplikasi. Di bagian atas jendela Start, pengguna Windows 11 bisa mengeklik menu drop-down di bagian atas dan memilih opsi Kategori.

Setelah itu, Windows akan menampilkan aplikasi dengan beberapa kategori, yaitu Entertainment, Music, Navigation and Maps, News and Weather, dan Other. Pengguna juga bisa mengubah tampilan ikon aplikasinya dengan mengeklik opsi lain yang ada di menu drop-down.

Pada Maret lalu, Microsoft sedang mengembangkan tampilan ikon aplikasi terbaru di menu Start. Jika sebelumnya pengguna akan melihat opsi Semua Aplikasi dalam bentuk list secara vertikal, pembaruan ini akan memperlihatkan aplikasi dalam bentuk grid.

Tampilan ini akan terlihat seperti deretan aplikasi di ponsel. Opsi ini ditambahkan ke dalam menu drop-down yang sama dengan Kategori. Jika pengguna ingin mengubah tampilan aplikasi ke mode normal, ada opsi Alphabetical yang bisa dipilih.