Bagikan:

JAKARTA – Google mendesain ulang user interface (UI) dari lembar kerja Google Maps. Desain terbaru dari aplikasi petunjuk arah ini sedang diluncurkan ke seluruh perangkat dengan sistem operasi (OS) Android.

Berdasarkan laporan 9to5google, lembar kerja Maps memiliki sudut yang lebih membulat dibandingkan sebelumnya. Dengan adanya perubahan ini, latar belakang dari lembar kerja, yaitu peta digital, akan menonjol karena lebih terlihat.

Saat lembar kerjanya ditarik ke atas, latar belakang akan menjadi lebih gelap agar pengguna bisa fokus dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Saat lembar kerjanya dihilangkan, peta di latar belakang akan terlihat jauh lebih terang.

Perubahan lainnya yang terlihat adalah tombol untuk menghilangkan latar belakang dengan cepat. Sebelumnya, pengguna harus menurunkan lembar kerja secara manual untuk melihat peta di latar belakang. Namun, kini cara tersebut sudah dihilangkan.

Pengguna bisa menekan tombol silang di sudut kanan atas. Saat lembar kerja muncul, pengguna tidak bisa mengeklik bilah pencarian atau peta untuk langsung mencari tempat yang diinginkan. Mereka harus menekan tombol silangnya terlebih dahulu.

Selain lembar kerja yang diubah, kotak pencarian untuk memasukkan lokasi saat ini dan lokasi yang dituju juga mengalami perubahan. Jika sebelumnya kotak pencarian terlihat penuh di bagian atas layar, kini bilahnya terlihat mengambang dengan sudut membulat.

Desain terbaru dari Maps ini sedang diperluas ke aplikasi Android dengan versi 11.136.x dan belum terlihat di seluruh perangkat. Belum diketahui kapan perubahan ini akan ditambahkan ke iOS karena pembaruan di Android masih dilakukan secara bertahap.