Google Chrome Sekarang Bisa Deteksi Typo dengan Mudah pada URL
Google menghadirkan banyak fitur dalam rangka merayakan Hari Kesadaran Aksesibilitas Global. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google menghadirkan banyak fitur dalam rangka merayakan Hari Kesadaran Aksesibilitas Global belum lama ini, tetapi ada salah satu fitur yang paling menarik untuk disematkan pada browser Chrome-nya.

Fitur ini dapat berfungsi untuk mendeteksi kesalahan ketik URL (Uniform Resource Locator) dan menyarankan situs web berdasarkan koreksi.

Menurut Google, dalam blog resminya yang dikutip Jumat, 19 Mei, fitur tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas bagi penderita disleksia, pembelajar bahasa, dan siapa saja yang membuat kesalahan ketik dengan mempermudah akses ke situs web yang dikunjungi sebelumnya meskipun ada kesalahan pengejaan.

Sekarang, fitur itu telah tersedia di Chrome versi desktop dan akan diluncurkan ke perangkat seluler dalam beberapa bulan mendatang.

Belum lama ini, Google juga menambahkan fungsi baru pada TalkBack Chrome di Android, untuk membuatnya lebih mudah mengelola dan mengatur tab.

Sebelumnya, saat pengguna TalkBack menavigasi ke pengalih tab, mereka memiliki tampilan daftar tab lama, dengan fungsi terbatas.

Sekarang, pengguna akan memiliki akses ke kisi tab dengan fitur tambahan seperti grup tab, tindakan tab massal, dan penyusunan ulang.

Lebih lanjut, Google juga mempertegas ikon kursi roda di Maps. Sejak 2020, pengguna dapat ikut serta dalam fitur Tempat yang Dapat Diakses di Maps untuk lebih mudah mengidentifikasi jika suatu tempat memiliki pintu masuk yang dapat diakses kursi roda, yang ditandai dengan ikon kursi roda.

"Kini, kami membuat ikon tersebut terlihat oleh semua orang di Maps sehingga Anda dapat mengetahui sebelum pergi jika ada pintu masuk bebas langkah, yang berguna saat Anda menggunakan kursi roda, mendorong kereta bayi, atau menyeret koper," jelas Google.

Pengguna juga dapat menemukan informasi lebih lanjut menyoal tempat parkir, atau toilet di tab Tentang. Dikatakan Google, fitur ini bekerja berkat kontribusi dari pemilik bisnis, Local Guides dan komunitas Maps.

"Kami dapat memberikan informasi aksesibilitas kursi roda untuk lebih dari 40 juta bisnis di seluruh dunia. Jika Anda melihat tempat yang Anda kunjungi tidak memiliki informasi aksesibilitas, Anda dapat dengan mudah berkontribusi dengan menggulir ke tab Tentang dan memilih Edit fitur di Android atau Perbarui tempat ini di iOS," tutur Google.