Bagikan:

YOGYAKARTA - Mouse atau tetikus menjadi barang penting bagi pengguna komputer dan laptop. Dengan adanya mouse, pengguna komputer bisa bekerja dengan lebih cepat saat menggerakkan kursor. Setiap pengguna pasti ingin memiliki memiliki mouse terbaik atau berkualitas. Ada berbagai jenis mouse komputer yang bisa dipilih. 

Mouse komputer sendiri tersedia dalam berbagai jenis. Setiap jenis mouse memiliki kelebihannya masing-masing. Selain itu, macam-macam jenis mouse yang ada juga disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Lantas apa saja jenis mouse komputer?

Jenis-Jenis Mouse Komputer

Saat akan membeli mouse, sebaiknya Anda mengecek fungsi dari setiap mouse yang ditawarkan. Terdapat beberapa jenis mouse yang dibedakan dari ciri fisik dan portnya. Berikut ini jenis-jenis mouse komputer yang bisa Anda pilih. 

Jenis Mouse Berdasarkan Ciri Fisiknya

Mouse Optic

Mouse optic memiliki kelebihan pada sensitivitasnya. Untuk menggerakkan kursor menggunakan mouse ini, Anda tidak perlu meletakkannya di permukaan mouse pad yang rata. Namun mouse ini memiliki harga yang mahal. Selain itu, ada sinar laser yang cukup mengganggu penglihatan. 

Track Ball Mouse

Mouse trackball punya ciri-ciri adanya bola kecil di tengah yang berfungsi untuk scroll kursor. Mouse ini dijual dengan harga yang lebih murah. Namun kekurangan mouse ini adalah mudah terpapar debu yang masuk ke bolanya. Selain itu, tingkat akurasinya juga lebih kecil dibanding mouse optikal.

Mouse Serial

Jenis mouse ini merupakan keluaran lama dan sudah jarang digunakan. Untuk mengoperasikannya, kabel mouse harus disambungkan melalui serial port. 

Jenis Mouse Berdasarkan Portnya

Mouse Serial

Mouse serial merupakan jenis mouse yang digunakan pada komputer jaman dulu pada era Pentium 1, Pentium 3, dan yang berjenis AT. Mouse ini memiliki port serial dengan beberapa pin di ujungnya. 

Mouse PS2

Mouse yang dikeluarkan pada era Pentium 1-4 ini juga masih digunakan oleh sedikit orang. Mouse ini memiliki ciri fisik warna hijau pada kabelnya. 

Mouse USB

Jenis mouse ini paling umum digunakan pada era sekarang. Mouse ini dioperasikan melalui sambungan ke port USB di komputer. 

Mouse Wireless

Mouse wireless merupakan jenis mouse dengan teknologi terbaru. Mouse ini dioperasikan menggunakan fitur wireless sehingga bisa dipakai dari jarak jauh. Untuk mengaktifkan mouse ini, cukup dengan mencolokkan USB wireless ke port USB di komputer. 

Mouse Gaming

Jenis mouse yang satu ini digunakan khusus untuk keperluan bermain game. Mouse ini memiliki fitur dan tombol tambahan yang berfungsi saat bermain game. Mouse ini dijual dengan harga yang lebih mahal. 

Demikianlah jenis-jenis mouse komputer yang bisa Anda pilih. Saat membeli mouse, sebaiknya pilih mouse yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kenyamanan penggunaan mouse juga menjadi faktor penting yang perlu Anda perhatikan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.