Mengenal Jenis-Jenis Dividen dan Prosedur Pembayarannya
Ilustrasi dividen (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dividen adalah istilah dalam dunia korporasi dan saham yang sudah tidak asing lagi bagi investor. Dividen adalah keuntungan yang didapatkan oleh investor dari kepemilikan suatu saham. Jenis-jenis dividend sendiri ada lima dengan ketentuan yang berbeda-beda. 

Dividen adalah bagian dari pendapatan atau laba suatu perusahaan yang dibagikan kepada pihak yang memiliki saham. Dividen besar telah ditetapkan oleh direktur dan disahkan dalam rapat para pemegang saham. Pembagian dividen ini adalah hal yang selalu ditunggu-tunggu oleh para investor. 

Pemegang saham akan mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. Investor atau pemilik saham dapat menerima dividen dalam bentuk uang maupun saham. Selain itu ada jenis-jenis dividen lainnya yang perlu diketahui oleh investor. 

Jenis-Jenis Dividen

Secara umum ada 5 jenis dividen dalam korporasi. Berikut jenis-jenis dividen yang perlu diketahui oleh investor. 

Dividen Saham 

Dividen saham adalah pembagian laba atau dividen perusahaan dalam bentuk saham. Jadi dividen yang akan diterima investor adalah dalam bentuk saham. Saham dividen hampir mirip dengan penyusunan ulang modal perusahaan atau rekapitulasi perusahaan, namun tidak mengurangi jumlah kepemilikan dari para investor. 

Divide Tunai

Dividen jenis ini diberikan oleh perusahaan secara tunai atau tunai. Jadi investor atau pemegang saham akan menerima dividen berupa uang tunai. Jenis pembagian dividen ini merupakan yang paling sering diterapkan. Periode pembagian dividen dapat dilakukan dari dua hingga empat kali dalam satu tahun. Pembagian dividen ini akan dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku. 

Properti Dividen

Properti dividen adalah jenis dividen yang dibagikan dalam bentuk aset. Bagian dividen jenis ini memiliki proses yang cukup rumit sehingga tidak banyak diterapkan oleh perusahaan. Biasanya pembagian properti dividen dipilih ketika perusahaan tidak ada uang tunai. 

Dividen Likuiditas

Dividen likuiditas adalah laba atau dividen yang dibagikan dalam bentuk pengembalian sebagian modal. Biasanya jenis dividen ini diterapkan oleh perusahaan yang sedang mengalami kebangkrutan atau akan menghentikan operasionalnya. Saat perusahaan tersebut akan menagih, sisa kekayaan yang masih dimiliki akan dibagikan kepada pemilik saham. Namun apabila tidak ada kekayaan yang tersisa, maka perusahaan juga tidak dapat membagikan apapun. 

Dividen Janji Hutang

Dividen janji hutan adalah dividen yang dibagikan dalam bentuk surat janji hutang. Surat ini berisi perjanjian dari perusahaan untuk membayarkan hak investor dividen dalam jangka waktu tertentu atau yang sudah ditentukan. Pembagian dividen ini biasanya diterapkan saat perusahaan sedang tidak memiliki uang tunai yang cukup untuk membayar dividen. Surat perjanjian kemudian diberikan sebagai jaminan pelunasan pembayaran dividen kepada para investor. 

Proses Pembayaran Dividen

Terdapat 5 prosedur pembayaran dividen yang harus dipahami oleh investor atau pemilik saham. Prosedur pembayaran dividen ini dikenal dengan istilah tanggal pengumuman dividen. 

Berikut prosedur pembayaran dividen:

Tanggal Pencatatan

Tanggal pencatatan atau date of record berisi nama investor dan data pemegang saham dalam suatu perusahaan yang berhak mendapat pembagian dividen. 

Tanggal Cum-Dividen

Cum-Dividen adalah tanggal akhir dalam perdagangan saham untuk investor yang ingin mendapatkan pembagian dividen berupa uang tunai atau saham. 

Tanggal Pengumuman

Tanggal pengumuman adalah tanggal emiten atau perusahaan mengumumkan pembagian dividen, yakni bentuk dividen, jumlah, dan waktu pembayarannya. 

Tanggal Pembayaran

Tanggal pembayaran adalah waktu di mana perusahaan membayarkan dividen kepada pemegang saham yang menerima hak dividen.

Tanggal Ex-Dividen

Ex-Dividen adalah tanggal lepas perdagangan saham berdasarkan suatu yang telah menerima hak lagi untuk perusahaan mendapat dividen. 

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis dividen yang wajib diketahui oleh investor atau pemilik saham. Penerapan setiap jenis-jenis dividen ditentukan dengan syarat perusahaan yang membagikan dividennya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.