Bagikan:

JAKARTA - Kini sudah memasuki pertengahan  tahun 2024, tetapi sebagian besar peluncuran produk Apple tahun ini masih akan datang. Musim panas cenderung menjadi musim yang tenang untuk produk baru, tetapi Apple bersiap untuk peluncuran musim gugur yang besar mulai September.

Berikut adalah beberapa produk baru yang akan diluncurkan perusahaan yang bermarkas di Cuppertino itu untuk musim gugur nanti. 

iPhone 16 Pro dan Pro Max

iPhone 16 Pro dan Pro Max akan menawarkan peningkatan besar dibandingkan model tahun lalu. Berikut adalah sorotan yang diharapkan:

  • Layar lebih besar, 6,3 inci untuk model Pro dan 6,9 inci pada Pro Max, naik dari 6,1 dan 6,7 inci tahun lalu
  • Tombol perangkat keras khusus untuk mengontrol kamera
  • Peningkatan kamera termasuk kamera Ultra Wide yang lebih baik, kinerja cahaya rendah yang ditingkatkan, dan zoom optik 5x
  • Chip A18 Pro yang dibangun untuk AI berkat Neural Engine yang lebih kuat

iPhone 16 dan 16 Plus

Berbeda dengan versi Pro, iPhone 16 dan 16 Plus akan memiliki ukuran layar yang sama dengan model tahun lalu. Namun, mereka mungkin menerima chip A18 Pro yang sama dengan model Pro dan Pro Max. Atau mungkin, untuk pertama kalinya, kita akan melihat dua chip iPhone baru: A18 untuk model kelas bawah, dan A18 Pro di kelas atas.

Fitur lain yang diharapkan hadir di semua model 16 adalah tombol perangkat keras untuk fitur kamera, sering disebut 'tombol tangkap'. Harapkan peningkatan kamera lainnya dan pilihan warna baru untuk 16 dan 16 Plus, dengan fitur AI iOS 18 sebagai daya tarik utama.

AirPods 4

Apple berencana meluncurkan dua tingkatan model AirPods 4. Kedua model ini akan menyediakan versi dengan harga lebih rendah dan opsi lebih premium, dengan AirPods 2 dan 3 diperkirakan akan dikeluarkan dari lineup Apple. Kedua model AirPods 4 akan memiliki casing pengisian USB-C dan desain tangkai yang diperbarui yang terlihat seperti gabungan antara AirPods Pro dan AirPods 3. Pembatalan bising dikatakan eksklusif untuk model yang lebih tinggi, serta dukungan Find My.

AirPods Max 2

AirPods Max 2 akan beralih dari pengisian Lightning ke USB-C, dan kemungkinan akan mendapatkan beberapa fitur yang saat ini eksklusif untuk AirPods Pro 2, seperti Adaptive Audio, Conversation Awareness, dan Personalized Audio.

Apple Watch Series 10

Apple akan membuat peningkatan besar dengan Apple Watch Series 10 baru, dengan dua ukuran standar yang keduanya ditingkatkan. Jam tangan yang lebih kecil akan berukuran sekitar ukuran model yang lebih besar saat ini, sementara opsi yang lebih besar tumbuh untuk menyamai ukuran layar Ultra.

Case perangkat juga akan lebih tipis, dan akan memiliki chip yang lebih kuat yang dapat menjadi dasar untuk Apple Intelligence di masa depan. Sensor kesehatan untuk mendeteksi hipertensi dan sleep apnea juga mungkin akan hadir.

Apple Watch Ultra 3

Apple Watch Ultra 3 diharapkan setidaknya akan menyamai kemampuan baru dari model Series 10, termasuk chip yang lebih cepat yang lebih cocok untuk AI, dan mungkin sensor kesehatan baru. Salah satu daya tarik yang mungkin adalah opsi titanium hitam luar angkasa.

MacBook Pro M4

iPad Pro telah menjadi satu-satunya perangkat Apple dengan chip M4, tetapi ini akan segera berakhir. Musim gugur ini, Apple diharapkan akan mengirimkan model MacBook Pro baru yang dilengkapi dengan M4, M4 Pro, dan M4 Max. Jangan berharap adanya desain ulang besar-besaran pada faktor bentuk komputer, di mana M4 menjadi sorotan tahun ini.

iPad mini 7

iPad mini belum diperbarui sejak 2021, tetapi kelihatannya kekosongan itu akan segera berakhir. Menyusul tahun 2023 tanpa iPad, Apple diharapkan akan memperbarui seluruh lineup iPad tahun ini, termasuk mini. Harapkan tampilan yang ditingkatkan tanpa jelly scrolling dan chip yang diperbarui. Mungkin iPad mini akan beralih ke chip kelas M untuk kompatibilitas dengan fitur Apple Intelligence.

iPad Generasi ke-11

Untuk melengkapi misinya memperbarui seluruh lineup iPad tahun ini, Apple juga akan mengirimkan model iPad dasar baru. Tidak banyak yang diketahui tentang perangkat baru ini, tetapi harapkan chip yang lebih baru dan lebih kuat, mungkin beberapa peningkatan Apple Pencil, tetapi tidak ada yang berupa desain ulang besar-besaran.

Mac mini dan iMac M4

Mac mini dan iMac dirumorkan akan mendapatkan chip M4 baik pada akhir 2024 atau awal 2025. Publik akan melihat Mac mini baru bersamaan dengan MacBook Pro baru pada 2024, dan iMac akan mendapatkan pembaruannya pada awal 2025 bersamaan dengan MacBook Air baru.

Apple TV 4K, HomePod dengan Layar, dan Lainnya

Ada rumor tentang perangkat rumah baru yang sedang dikerjakan di Apple, mungkin dengan tanggal rilis 2024. Salah satunya adalah Apple TV 4K yang diperbarui dengan chip yang lebih baik, lainnya adalah revisi HomePod dengan layar LCD di atasnya.

Kedua pembaruan tersebut kemungkinan tidak akan membuat gebrakan besar, juga tidak akan membawa kompatibilitas Apple Intelligence, tetapi kita harus menunggu dan melihat apa yang Apple siapkan.