Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini iOS 18 hadir dengan pembaruan untuk banyak aplikasi bawaan Apple, termasuk Safari yang kini memiliki fitur-fitur baru yang berguna untuk mempermudah mendapatkan informasi dari situs web. Berikut adalah beberapa highlight dari fitur-fitur terbaru di Safari.

Highlights

Highlights mendeteksi informasi relevan di halaman web yang Anda kunjungi dan menampilkannya sehingga Anda dapat menemukan detail penting tanpa harus menelusuri seluruh halaman. Ketika Highlight tersedia di halaman web, Anda akan melihat kilau ungu kecil di atas ikon alat di bilah browser, serta kilasan cepat ke data Highlight yang tersedia. Jika Anda mengetuk ikon dengan kilau tersebut, Safari akan menunjukkan informasi kunci seperti lokasi, jam operasional, dan arah.

Informasi yang ditampilkan di Highlights tergantung pada situs web yang Anda kunjungi. Untuk toko, hotel, dan tempat lain yang ingin Anda kunjungi, Safari akan memberikan arah. Untuk situs web lain, Anda mungkin melihat tautan untuk mempelajari lebih lanjut tentang orang, musik, film, dan acara TV.

Saat ini, Highlights tersedia dalam Bahasa Inggris AS, dan karena iOS 18 masih dalam versi beta, fitur ini tidak tersedia di semua situs web. Highlights dapat dinonaktifkan dengan membuka bagian Safari di aplikasi Pengaturan dan mematikannya.

Mode Pembaca (Reader Mode)

Safari memperbarui Mode Pembaca untuk menyediakan daftar isi untuk artikel panjang dan juga ringkasan cepat tentang apa yang ada di halaman. Fitur baru di Mode Pembaca ini memberi pengguna cara untuk menuju ke bagian tertentu dari artikel serta gambaran umum tentang isi artikel untuk memutuskan apakah layak untuk melanjutkan membaca.

Opsi baru di Mode Pembaca tersedia dalam Bahasa Inggris (Australia), Bahasa Inggris (Kanada), Bahasa Inggris (Irlandia), Bahasa Inggris (Selandia Baru), Bahasa Inggris (Afrika Selatan), Bahasa Inggris (Inggris), dan Bahasa Inggris (AS).

Perubahan Desain

Apple memperbarui desain alat Safari yang dapat diakses melalui bilah URL. Ikon alat kini berupa kotak dengan dua garis, dan mengetuknya akan membuka jendela overlay penuh yang berada di bagian bawah tampilan.

Tidak semua alat ditampilkan sekaligus, dengan Apple memprioritaskan alat yang mungkin paling diinginkan pengguna seperti translate, Mode Pembaca, Perlindungan Privasi, dan ukuran font. Mengetuk elipsis di bagian bawah antarmuka akan menampilkan sisa pengaturan Safari seperti Tampilkan Alamat IP, Minta Situs Desktop, dan Sembunyikan Toolbar.

Apple juga mengubah desain halaman manajemen tab, dengan bilah alat terpadu untuk bagian terpisah dan grup tab.

Opsi Akses Cepat Baru

Beberapa fitur yang sebelumnya tersembunyi di Lembar Berbagi (Share Sheet) sekarang lebih mudah diakses melalui toolbar Safari. Opsi baru termasuk:

  • Cetak
  • Tambah ke Favorit
  • Tambah Bookmark
  • Tambah ke Catatan Cepat
  • Tambah ke Daftar Bacaan
  • Pindahkan ke Grup Tab
  • Pin Tab
  • Akses Kamera
  • Akses Mikrofon
  • Akses Lokasi
  • Buka Tautan di Profil

Menu Halaman dapat disesuaikan sehingga Anda dapat menambahkan alat yang sering digunakan ke dalam daftar favorit untuk akses lebih cepat. Semua opsi ini juga tetap tersedia melalui Lembar Berbagi.

Kata Sandi

Dengan aplikasi Kata Sandi yang baru, login Safari, kata sandi, dan kunci akses otomatis terisi jika Anda menyimpan informasi Anda di aplikasi ini. Aplikasi Kata Sandi memiliki fungsi yang sama dengan bagian Kata Sandi di aplikasi Pengaturan, tetapi kini menjadi aplikasi mandiri untuk akses yang lebih mudah.

Safari dapat secara otomatis menyimpan informasi login dan kata sandi ke aplikasi Kata Sandi, dan semuanya disinkronkan antar perangkat. Kata sandi bahkan dapat diakses di PC Windows.

Aplikasi Terkunci

Aplikasi seperti Safari dapat dikunci dan disembunyikan, memerlukan otentikasi Face ID atau Touch ID untuk mengaksesnya. Mengunci aplikasi memberi lapisan perlindungan lebih lanjut daripada fitur penjelajahan pribadi yang diperkenalkan sebelumnya, karena seluruh browser Safari dapat dikunci.

Untuk membuka aplikasi yang terkunci, Anda perlu melakukan otentikasi, sehingga seseorang yang memiliki ponsel yang tidak terkunci masih tidak dapat melihat browser Anda jika Anda mengunci Safari. Menyembunyikan aplikasi akan mengunci dan menghapusnya dari Layar Beranda, menyimpannya di folder aplikasi Tersembunyi di Pustaka Aplikasi.