Empat Pembaruan Fitur iOS 17 yang Akan Muncul di Tahun Ini
Pembaruan fitur iOS 17 (foto: dok. Apple)

Bagikan:

 

JAKARTA – Sebelum iOS 18 diluncurkan, Apple masih harus merilis beberapa pembaruan untuk iOS 17. Berbagai pembaruan ini banyak dibicarakan tahun lalu, tetapi tanggal perilisannya belum ada.

Pembaruan pertama yang akan Apple tambahkan ke iOS, mengutip dari Tech times, adalah peningkatan keamanan untuk perlindungan ganda. Fitur ini hadir dalam bentuk autentikasi biometrik seperti Face ID atau Touch ID.

Beberapa tindakan penting yang akan menggunakan fitur ini adalah akses kata sandi untuk iCloud Keychain, melihat nomor virtual Apple Card, mematikan mode hilang, menggunakan Apple Cash dan Apple Card Savings, hingga memakai metode pembayaran di Safari.

Pembaruan berikutnya yang banyak dibicarakan oleh publik adalah kemampuan sideload. Sejak Apple rilis pertama kali, perusahaan itu tidak pernah mengizinkan sideload di perangkat dengan dukungan iOS karena alasan keamanan.

Namun, karena Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa (UE), Apple akan mengizinkan sideload pada aplikasi mereka sehingga pengguna bisa mengunduh aplikasi dengan berbagai cara, baik lewat situs web maupun toko digital pihak ketiga.

Rencananya, fitur ini akan dirilis dalam pembaruan iOS 17 di paruh pertama tahun ini. Akan tetapi, belum diketahui apakah fitur ini berlaku secara global atau hanya diterapkan di seluruh negara Eropa saja.

Berikutnya, Apple berencana memperbarui layanan streaming musik mereka dengan fitur Daftar Putar Kolaboratif. Dengan pembaruan ini, seluruh pengguna Apple Music bisa menambah, menyusun, dan menghapus lagu dari daftar putar yang sama milik pengguna lain.

Pembaruan terakhir yang akan Apple tambahkan ke perangkat iOS sebelum merilis iOS 18 adalah fitur Roadside Assistance. Dengan fitur ini, pengguna di Amerika Serikat bisa menghungi AAA, penyedia bantuan di pinggir jalan, tanpa memerlukan jaringan internet.