Bagikan:

JAKARTA - Apple diharapkan merilis sistem operasi baru iOS 18 pada Juni nanti yang akan memperkenalkan fitur berbasis AI, tetapi tidak semua iPhone akan kompatibel.

Siapa pun yang masih menggunakan iPhone yang dirilis sebelum 2018, termasuk seri SE dan model 8 Plus atau sebelumnya, tidak akan memiliki akses ke iOS 18.

iPhone lama tidak akan kompatibel karena chip perangkat keras yang usang yang memiliki prosesor lebih lambat dan memori lebih sedikit yang tidak dapat mendukung fitur berdaya tinggi.

Sistem operasi tahun ini diatur untuk menjadi pembaruan ‘terbesar’ Apple yang bisa bermitra dengan AI Gemini milik Google, yang akan menciptakan gambar dan menulis esai berdasarkan petunjuk sederhana di iPhone untuk pertama kalinya. Model iPhone 8 dan sebelumnya tidak akan kompatibel dengan pembaruan perangkat lunak iOS 18.

Apple diharapkan meluncurkan iOS 18 di Konferensi Pengembang Dunia (WWDC) yang akan datang yang dijadwalkan pada 10 hingga 14 Juni.

WWDC akan memulai segalanya dengan pidato utama yang biasanya mengungkapkan sistem operasi baru untuk iPhone, Mac, iPad, Apple Watch, dan TV. Pemilik Vision Pro yang baru dirilis mungkin juga mendapatkan pembaruan.

Namun, pengguna sebagian besar menunggu pembaruan sistem operasi iPhone - dan AI diprediksi akan menjadi pusat perhatian.

Perangkat pintar akan membutuhkan chip A12 Bionic buatan Apple untuk kompatibel dengan pembaruan iOS 18 yang diperkenalkan ketika perusahaan merilis model iPhone XR dan iPhone XS pada 2018.

iPhone dengan chip A11 Bionic (iPhone X, 8 dan 8 Plus) dan chip A10 Fusion (iPhone 7 dan 7 Plus) juga tidak akan dapat mendukung pembaruan secara efektif.

Jika iPhone Anda bukan model seri 11 hingga 15 atau generasi kedua dan ketiga SE, XR, XS, dan XS Max, Anda akan kehilangan akses ke iOS 18 dan semua pembaruan perangkat lunak di masa depan.

Fitur AI Apple diharapkan dapat meningkatkan Siri, memungkinkannya memberikan respons yang lebih akurat sementara aplikasi Pesan akan ‘menjawab pertanyaan dan melengkapi kalimat secara otomatis,’ menurut Mark Gurman dari Bloomberg.

Pembaruan baru ini siap untuk membantu pengguna membuat daftar putar dan daftar lagu yang direkomendasikan secara otomatis setelah iOS 17 tahun lalu yang memperkenalkan daftar putar kolaboratif seperti yang ditawarkan di Spotify.

Sistem operasi yang akan muncul juga diharapkan dapat menambahkan fitur rute kustom ke Apple Maps yang akan mengizinkan pengguna memasukkan arah yang dipilih sendiri daripada hanya memiliki akses ke opsi yang dipilih sebelumnya oleh Apple.

Layar utama juga dilaporkan akan mendapatkan peningkatan, memberikan pengguna lebih banyak opsi kustomisasi dan kontrol atas bagaimana mereka ingin mengatur ikon aplikasi.

Pembaruan iPadOS 18 juga hanya akan mendukung iPad yang dirilis setelah 2018 termasuk generasi kedelapan iPad, generasi ketiga iPad Pro dan iPad Air dan generasi kelima iPad mini.

Pembaruan ini muncul ketika model iPhone 15 terbaru Apple mengalami penurunan penjualan yang signifikan dalam beberapa minggu setelah rilis September dan disebut ‘kegagalan terbesar dalam sejarah Apple.’

Pengguna mengeluh material berubah warna, ponsel mereka panas berlebih, ada bug perangkat lunak dan daya tahannya kurang, karena beberapa pengguna mengatakan mereka bisa meretakkan perangkat dengan tangan kosong mereka.

Tes beta untuk iOS 18 kemungkinan akan diluncurkan pada Juli nanti dengan tanggal rilis umum yang diharapkan pada September 2024.