Bagikan:

 

JAKARTA – Email promosi merupakan pesan masuk yang mengganggu bagi beberapa pengguna Gmail. Biasanya, email promosi ini didapatkan karena Anda mendaftarkan akun Google di situs web tertentu.

Dahulu, email promosi sangat sulit dihentikan karena pengguna Gmail harus mencari tombol Berhenti Berlangganan secara cermat. Tombol ini ditempatkan di bagian informasi dan memiliki ukuran serta warna font yang sama dengan teks lainnya.

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir karena Gmail telah mempermudah pencarian tombol Berhenti Berlangganan. Perubahan ini memberikan penggunanya kebebasan dalam menentukan email promosi yang mereka inginkan atau tidak diinginkan.

Untuk menghentikan email promosi melalui browser, buka situs web Gmail terlebih dahulu. Setelah itu, buka salah satu email promosi yang Anda terima, kemudian cari tombol Berhenti Berlangganan yang berada di samping informasi pengirim.

Saat tombol Berhenti Berlangganan diklik, Anda akan melihat kotak konfirmasi. Ketuk tombol Berhenti Berlangganan pada kotak dialog yang terlihat dan Anda tidak akan menerima lagi email promosi dari akun tersebut.

Cara menghentikan email promosi melalui aplikasi Gmail di perangkat seluler tidak jauh berbeda, tetapi pastikan bahwa aplikasi yang Anda gunakan merupakan versi terbaru. Jika sudah dipastikan, buka salah satu email promosi yang ingin dihentikan.

Sama seperti tampilan di versi web, Anda akan melihat tombol Berhenti Berlangganan di samping informasi pengirim. Jika tombolnya tidak ada, Anda bisa mengeklik ikon titik tiga vertikal dan ketuk tombol Berhenti Berlangganan yang terlihat.

Jika Gmail meminta konfirmasi atas tindakan Anda, klik tombol Berhenti Berlangganan sekali lagi. Email yang sudah Anda terima tidak akan menghilang secara tiba-tiba, tetapi pengirim akan berhenti mengirimkan promosi ke akun Anda.