Bagikan:

JAKARTA – Google memindahkan tombol Berhenti Berlangganan di website Gmail baru-baru ini. Mereka juga memisahkan opsi Laporkan Spam dan Berhenti Berlangganan di Android dan website.

Awalnya, Google hanya memperbarui tombol Berhenti Berlangganan di Gmail versi Android. Menu untuk berhenti berlangganan itu dibuat lebih menonjol dengan menaruh tombolnya di samping nama atau alamat email pengirim pesan.

Google melakukan hal serupa di website untuk memudahkan pengguna Personal Computer (PC), tetapi tampilannya sedikit berbeda. Pada versi web, Google menambahkan tombol tersebut di samping informasi pengirim dan sejajar dengan ikon arsipkan, hapus, dan lain-lain.

Dengan ditempatkan di dua barisan yang berbeda, Google ingin membuat tombol tersebut lebih menonjol. Kini, pengguna tidak perlu repot-repot mencari tombol Berhenti Berlangganan di badan email karena Google telah menempatkan tombolnya dengan sangat jelas.

Selain itu, Google juga memisahkan pilihan Laporkan Spam dan Berhenti Berlangganan di Gmail. Sebelumnya, Google menggabungkan dua opsi tersebut, tetapi mereka menyadari bahwa opsi yang digabungkan ini bisa merugikan pengirim email.

Terkadang, email promosi berasal dari pengirim yang sah dan tidak ada yang salah dengan iklan yang dikirimkan. Jika pengguna menandai pesannya sebagai spam hanya karena ingin berhenti berlangganan, hal ini bisa berdampak negatif pada reputasi email pengirim.

Maka dari itu, Google mulai memisahkan dua opsi tersebut di web dan Android. Mereka belum memisahkan opsi tersebut di iOS, tetapi pembaruannya akan hadir dalam waktu dekat bersama dengan tombol Berhenti Berlangganan yang dibuat lebih menonjol.