Bagikan:

JAKARTA – Google akan meluncurkan fitur baru yang dapat membantu pengguna dalam melacak file di Drive secara mudah dan cepat. Fitur ini akan hadir dalam bentuk email ringkasan atau pengingat di Gmail.

Melalui halaman Pembaruan Workspace, Google mengungkapkan bahwa mereka akan mengirimkan email pengingat jika penggunanya belum membuka Drive selama tujuh hari dan memiliki file bersama yang belum dilihat.

Email pengingat yang dikirimkan akan berisi rangkuman mengenai file-file yang belum dibuka. Menurut Google, fitur ini berguna jika pengguna Drive terlalu sibuk atau baru kembali setelah berlibur dan lupa dengan file yang perlu dicek.

"Email intisari akan menyertakan informasi tentang file yang belum dilihat yang dibagikan kepada Anda dan link ke 'Lihat aktivitas lainnya' di halaman Aktivitas Drive," kata Google, dikutip pada Selasa, 11 Juni.

Sebenarnya, email pengingat ini bisa mengganggu bagi beberapa pengguna. Selain karena mereka akan sering mendapatkan email yang tidak diinginkan, email pengingat file akan berpotensi menjadi email spam.

Pengembang ponsel Pixel itu mengatakan bahwa email pengingat akan diaktifkan secara default setelah fiturnya diluncurkan. Pengingat Drive ini masih diluncurkan secara bertahap selama 15 hari ke depan sehingga beberapa pengguna belum melihat fiturnya.

Jika Anda merasa terganggu dengan adanya pengingat Drive secara rutin, fitur ini bisa dinonaktifkan. Anda hanya perlu membuka salah satu email pengingat, menggulir layar ke bagian footer, lalu klik Berhenti Berlangganan di Sini.