Cara Mudah Kirimkan Video Lewat Email
Ilustrasi (Image Credit; Yogas Design / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi sebagian orang pasti sudah mengetahui bagaimana cara mengirim video lewat email, tetapi mungkin masih ada pula orang yang tidak mengetahuinya.

Kini perusahaan teknologi khususnya dibidang perpesanan memudahkan pengguna untuk bertukar video. Mengirim video lewat email cukup mudah, tidak memerlukan keterampilan khusus, bahkan video dapat secara langsung ditonton saat pesan sudah diterima loh.

Nah penasarankan gimana caranya bagi kalian yang belum tahu nih, simak yuk tips berikut ini yang dikutip dari Life Wire, Jumat 23 April.

Yahoo Mail

Mengirin video lewat email memang tidak dapat berukuran besar, karena setiap layanan email memiliki batas ukuran pada pesan. Seperti hal nya Yahoo Mail yang membatasi ukuran pesan hingga 25 MB.

Jika video yang akan dikirim lebih kecil dari 25 MB, lampirkan file tersebut ke pesan email. Namun, Yahoo juga menyediakan cara untuk mengirim video lebih dari 25 MB, masukkan link ke file menggunakan layanan cloud-sharing.

Apple Mail

Begitupun dengan Apple OS X Mail yang juga memiliki batas ukuran pesan 20 MB. Tetapi jika video lebih kecil dari 20 MB, lampirkan ke pesan email. Sedangkan file yang levih besar, pengguna dapat menggunakan akun iCloud dan layanan Mail Drop untuk mengunggah file ke iCloud, yang akan tersedia selama 30 hari, dan dapat diambil dengan mudah oleh siapapun.

Gmail

Layanan email milik Google ini juga menetapkan batas ukuran pesan sebesar 25 MB. Pengguna yang ingin mengunggah video kurang dari 25MB, bisa langsung lampirkan file tersebut ke pesan email. Namun, jika ukurannya lebih besar dari 25MB, simpan video lebih dahulu ke Google Drive dan barulah pengguna dapat mengirim link ke file tersebut kepada penerima.

Lalu bagaimana caranya mengirim link video dari Google Drive tersebut ke dalam pesan Gmail?

Pertama, plih Tulis dalam Gmail untuk membuka jendela pesan baru. Masukkan penerima email, tambahkan subjek, dan ketik pesan. Kemudian, pilih ikon Google Drive di bagian bawah layar. Klik tab Unggah untuk menyimpan video dari komputer ke Google Drive. Pilih file dari komputer, lalu pilih file video dan pilih Buka.

Klik Unggah dan tunggu sementara file disimpan ke Google Drive. Saat upload selesai, video tersebut muncul sebagai link di pesan email. Terakhir, pengguna akan ditanya apakah ingin mengaktifkan berbagi tautan atau tidak.

Setelah selesai, pilih Kirim ke email tautan dan izinkan siapa saja yang memiliki tautan untuk menonton video. Saat penerima memilih link di email, video akan terbuka di Google Drive.

Outlook dan OneDrive

Sama seperti email di atas, Outlook juga menerapkan batas ukuran pesan sebesar 20 MB, namun jika pengguna beralih ke akun bisnis, batas ukuran file mencakup 10 MB.

Jika video lebih kecil dari batas ukuran file, lampirkan file tersebut ke pesan email. Ketika mengirim file video besar dengan Outlook, pengguna harus menyimpan file video ke OneDrive dan kirim link ke file yang dapat dilihat siapa saja.

Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu membuka OneDrive dan pilih folder tujuan untuk file tersebut. Klik Unggah - File. Lanjutkan dengan membuka folder yang berisi video, pilih file, lalu pilih Buka.

Kemudian File akan diunggah dan pemberitahuan muncul ketika unggahan selesai. Saat selesai, pilih Bagikan Tautan. Lalu masukkan alamat email atau nama penerima. Jika ingin menambahkan pesan silahkan ketik di kolom teks, lalu pilih Kirim.