Bagikan:

JAKARTA – Google sedang mengembangkan fitur Hum to Search, kemampuan untuk mencari informasi menggunakan suara, di Android dan iOS. Di versi terbaru, Hum to Search akan menampilkan animasi yang dinamis.

Fitur ini bisa diakses melalui aplikasi Google. Saat pengguna mengeklik ikon rekam suara, mereka akan melihat empat titik dengan warna yang berbeda dan bergerak seperti gelombang. Meski sudah cukup menarik, tampilan ini akan diubah oleh Google.

Berdasarkan laporan 9to5google, tampilan titik bergelombang ini akan diganti dengan titik yang lebih besar dan berbentuk seperti bola. Saat mengaktifkan ikon rekam suara, bola ini akan bergerak memutar secara perlahan dengan warna yang berubah.

Meski perubahan bentuknya jauh lebih besar, Google tetap mempertahankan warna dari fitur tersebut, yaitu biru, merah, kuning, dan hijau. Di atas gelombang yang berwarna, Google menambahkan perintah, "Mainkan, nyanyikan, atau gumamkan lagu."

Fitur Hum to Search bisa digunakan di beberapa produk buatan Google, seperti Google Assistant dan YouTube. Namun, belum diketahui apakah perubahan animasi ini akan diterapkan di seluruh produk Google yang memiliki fitur serupa.

Google pertama kali meluncurkan fitur Hum to Search pada tahun 2020. Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna dalam mencari lagu yang hanya mereka ketahui sedikit nadanya atau lagu yang mereka lupakan judulnya.

Sesuai dengan instruksi dari Google, pengguna harus menyanyikan atau menggumamkan nada yang mereka ingat selama 10 hingga 15 detik. Setelah memberikan arahan melalui suara, Google akan menampilkan informasi dari lagu yang dicari.