Bagikan:

JAKARTA – Seluruh platform streaming musik memiliki tombol Next dan Before untuk mengganti lagu yang sedang diputar. Meski tombol ini tidak memakan waktu, pengguna tetap membutuhkan cara yang lebih cepat.

YouTube Music meluncurkan kemampuan menggeser untuk melihat lagu berikutnya atau sebelumnya di iPhone. Untuk menggunakan kemampuan ini, pengguna hanya perlu membuka halaman Now Playing dan menggeser sampul album.

Sebenarnya, kemampuan ini sudah tersedia di Android sejak lama, tetapi YouTube Music baru meluncurkan fiturnya di iOS. Tak hanya tersedia di iPhone, pengguna YouTube Music di iPad juga bisa menggeser sampul album untuk mendengarkan lagu berikutnya.

Kemampuan baru ini terlihat di YouTube Music versi 7.04 untuk iOS. Fitur ini bisa digunakan selama pengguna membuka halaman Now Playing. Jika mereka sedang berada di halaman utama, mereka bisa menggeser lagu dengan cepat menggunakan miniplayer.

Kemampuan menggeser lagu di miniplayer sudah diluncurkan sejak Juni tahun lalu. Saat keluar dari halaman Now Playing, YouTube Music akan menampilkan miniplayer di bagian bawah layar dan pengguna bisa menggeser tampilannya ke kanan atau kiri.

Sementara itu, dikutip dari 9to5google, YouTube Music telah menarik fitur Hum to Search selama beberapa hari terakhir. Belum diketahui kenapa YouTube menarik fitur ini. Sepertinya, Hum to Search sedang diperbaiki di iOS karena fitur ini sudah berfungsi di Android.

YouTube Music juga telah mengganti latar belakang untuk iOS. Jika sebelumnya latar belakang sampul album menggunakan warna solid, kini warnanya lebih dinamis karena efek gradien. YouTube Music memadukan warna gelap dan terang yang sesuai dengan sampul album.