Bagikan:

JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) masih optimistis dalam mencari planet yang mirip Bumi. Selama melakukan pencarian, NASA membutuhkan teknologi canggih yang dapat mengamati material.

Oleh karena itu, NASA berencana membangun Teleskop Habitable Worlds Observatory (HWO). NASA sudah merancang teknologi dasar yang dibutuhkan dan sudah menyerahkan konsepnya ke tiga perusahaan untuk mengembangkan model dasarnya.

Ketiga perusahaan ini akan meneliti optik generasi berikutnya, mendesain beberapa komponen teleskop, dan membuat fitur dari teleskop. Dalam pembuatan ketiga hal ini, perusahaan akan diberikan biaya sebesar 17,5 juta dolar AS (Rp284 miliar).

Misi ini harus dikerjakan pada akhir musim panas tahun ini. Ketiga perusahaan yang terpilih akan menyelesaikan tahap awal dari Teleskop Habitable Worlds dengan tugas yang berbeda. Berikut ini beberapa tugas yang akan dikerjakan, dikutip dari Sciencealert.

  • BAE Systems akan membuat pemodelan dan sub-sistem untuk membangunkan sistem optik ultra-stabil yang jauh melampaui sistem yang sudah ada.
  • Lockheed Martin akan mengembangkan infrastruktur pemodelan terintegrasi yang dapat menavigasi dan membandingkan desain dari planet.
  • Northrop Grumman akan mengembangkan alat yang mendukung pengoperasian teleskop seperti penyekat optik untuk mengurangi cahaya yang masuk.

Setelah selesai dikembangkan, teleskop akan diluncurkan ke luar angkasa untuk mencari dan mengamati planet yang mirip dengan Bumi. Planet asing ini harus mengitari bintang induknya, seperti Bumi yang mengelilingi Matahari.

HWO akan mempelajari atmosfer untuk mencari tanda-tanda kimiawi yang dapat menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Misi ini akan membantu ilmuwan dalam mewaspadai bahan kimia seperti oksigen dan metana di atmosfer.