Ini Misi Pertama Teleskop James Webb Setelah Lewati Fase Commissioning, Cari Super-Bumi!
Teleskop Webb akan membantu para ilmuwan memahami gambaran yang lebih besar tentang pembentukan dan evolusi planet .(foto: dok. NASA)

JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa James Webb telah tiba di tempat tujuannya titik Lagrange kedua Matahari-Bumi atau L2, hampir 1 juta mil jauhnya dari Bumi. Kini, teleskop tersebut akan fokus pada penelitiannya.

Setelah Teleskop Webb menyelesaikan periode commissioning sekitar enam bulan dari sekarang, ia dijadwalkan untuk memulai serangkaian studi di planet ekstrasurya. Salah satu proyek tersebut akan mempelajari 11 super-Bumi, yang merupakan dunia seperti Bumi dan Neptunus. Tidak ada planet seperti itu di Tata Surya ini.

"Di Tata Surya kita, kita memiliki dunia berbatu dalam dan planet gas luar, tetapi exoplanet paling umum yang kita lihat sebenarnya berada di antara keduanya. Keragaman planet yang kami temukan di dalam galaksi jauh melebihi keragaman planet di Tata Surya kita sendiri," ujar Ilmuwan Peneliti di NASA Ames Research Center di California, Natasha Batalha.

Melansir Space, Jumat, 4 Februari, meskipun telah menemukan banyak planet, para ilmuwan hanya tahu sedikit tentang jenis planet ini, seperti apakah layak huni dan bagaimana mereka terbentuk.

Tantangan utamanya adalah tidak ada planet seperti itu yang dapat dipelajari oleh para ilmuwan di dekat rumah, jadi Batalha dan rekan-rekannya akan memanfaatkan Teleskop Webb untuk mencari super-Bumi dengan harapan membuka beberapa pengetahuan.

Penelitian super-Bumi bukanlah satu-satunya proyek planet ekstrasurya yang telah direncanakan oleh para ilmuwan Ames untuk tahun pertama Teleskop Webb. NASA sendiri juga menyoroti dua investigasi lain yang ditetapkan untuk studi tahap awal oleh Teleskop Webb.

Pertama adalah studi di sembilan planet yang kurang masif dan lebih dingin daripada dunia yang dipelajari dengan lebih baik, dipimpin oleh astrofisikawan Ames Thomas Greene.

Kedua, yang mencakup partisipasi Batalha, memusatkan perhatian pada dua planet dalam sistem TRAPPIST-1 dan tiga dunia berbatu lainnya. Untuk dua studi terakhir ini, Teleskop Webb akan bekerja untuk menentukan apakah sebuah planet memiliki atmosfer, dan jika ya, terbuat dari apa.

Para ilmuwan tidak yakin apakah planet yang terletak sangat dekat dengan bintangnya dapat memiliki atmosfer yang substansial, karena energi bintang dapat meledakkannya.

"Atmosfer planet sangat penting untuk kemungkinan kehidupan seperti yang kita ketahui. Kami telah mengembangkan instrumen Teleskop Webb untuk dapat memberi kami data yang kami butuhkan tidak hanya untuk mendeteksi atmosfer, tetapi juga untuk menentukan terbuat dari apa," ungkap Greene.

Teleskop Webb juga akan mengumpulkan spektrum dari masing-masing planet tersebut, untuk melihat jenis cahaya yang dipancarkannya untuk menentukan petunjuk tentang gas apa yang ada di atmosfer.

“Studi ini akan fokus pada emisi inframerah planet dan mencari tanda-tanda karbon dioksida. Jika ada tanda-tanda atmosfer hadir, dan terutama karbon dioksida, maka TRAPPIST-1b bisa saja terbentuk dan berevolusi seperti planet berbatu di Tata Surya kita sendiri. yang juga memiliki karbon dioksida, seperti Venus, Bumi dan Mars," kata NASA.

Studi Teleskop Webb tentang tempat-tempat seperti sistem TRAPPIST-1 akan sangat berguna dalam mencoba menilai dunia yang lebih jauh di luar jangkauan teleskop.

Para ilmuwan telah menemukan ribuan exoplanet, tetapi hanya segelintir relatif yang akan cukup besar dan cukup menarik untuk mengambil bagian dari waktu yang sangat dicari teleskop, yang juga harus mencakup program dalam astrofisika dan masalah luar angkasa lainnya.

Batalha menyatakan Teleskop Webb akan membantu para ilmuwan memahami gambaran yang lebih besar tentang pembentukan dan evolusi planet daripada apa yang dilihat di Tata Surya.

"Sekitar 10.000 orang telah berkontribusi pada teleskop ini, dan ribuan lainnya di lebih dari 400 institusi akan menganalisis data dari siklus pertamanya. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk melakukan sains dalam skala ini," tutur Batalha.