Paxful Bangun <i>La Casa Del Bitcoin</i>,  Sekolah Bitcoin untuk Rakyat El Savador
Paxful bangun sekolah bitcoin di El Savador. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Platform utama peer-to-peer (P2P) Bitcoin (BTC) Paxful kini berusaha untuk membantu masyarakat di El Salvador untuk menggunakan BTC dengan lebih baik. Hal ini dilakukan karena cryptocurrency sudah menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador sejak tahun lalu.

Paxful pada Rabu, 3 Februari mengumumkan peluncuran “La Casa Del Bitcoin,” pusat pendidikan dan pelatihan baru di El Salvador untuk memungkinkan kesempatan belajar gratis terkait BTC.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Paxful akan mengadakan lokakarya pendidikan dan pembicaraan yang berfokus pada Bitcoin dan inklusi keuangan di negara tersebut. Paxful akan fokus pada menumbuhkan kesadaran seputar manfaat membeli dan menjual BTC sebagai sarana pertukaran bagi komunitas lokal untuk lebih mendorong gelombang adopsi massal Bitcoin berikutnya.

Pusat pelatihan ini juga akan menjadi rumah bagi kantor Built With Bitcoin Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat yang didedikasikan untuk menyediakan air bersih, akses ke pendidikan berkualitas, pertanian berkelanjutan, dan dukungan kemanusiaan. Semua proyek itu didukung oleh Bitcoin dan mata uang kripto. Salah satu pendiri dan CEO Paxful, Ray Youssef, adalah direktur eksekutif di yayasan tersebut.

“Pendidikan Bitcoin adalah kunci kebebasan finansial dan El Salvador memimpin dengan dukungan komunitas Bitcoin,” kata direktur filantropi Built With Bitcoin Foundation, Yusuf Nessary.

Menurut Will Hernandez, direktur pertumbuhan Amerika Latin di Paxful, perusahaan melihat peningkatan 300% dalam pengguna Bitcoin di El Salvador.

“Apa yang kita saksikan adalah momen transformasi di El Salvador. Platform peer-to-peer mendorong adopsi di pasar negara berkembang, dan sebagai platform yang diberdayakan orang, kami memahami bahwa pendidikan sangat penting untuk gelombang adopsi berikutnya,” kata Hernandez seperti dikutip oleh Cointelegraph.

Upaya baru Paxful untuk meningkatkan kesadaran seputar Bitcoin di El Salvador muncul sebagai tanggapan atas beberapa skeptisisme terkait kripto yang ada di antara warga El Salvador meskipun negara tersebut mengadopsi BTC sebagai alat pembayaran yang sah pada 7 September 2021.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, sebanyak 90% orang El Salvador mengatakan pemahaman mereka tentang Bitcoin buruk atau bahkan tidak ada pada September 2021. Satu survei juga kemudian menunjukkan bahwa lebih dari 50% orang El Salvador bahkan tidak mengenal Bitcoin.