Switch Jadi Konsol Paling Laris Manis Bagi Nintendo di 2021
Nintendo menjual 18,95 juta konsol Switch selama sembilan bulan pertama tahun fiskal ke-22. (foto: Andrew Te / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam hasil laporan pendapatan terbaru yang diterbitkan pada hari ini, perusahaan mengonfirmasi bahwa konsol Switch telah terjual 103,54 juta unit pada 31 Desember 2021.

Angka tersebut naik lebih dari 10 juta sejak September, berkat apa yang disebutnya sebagai awal yang baik oleh OLED Switch, perangkat ini terjual 10,67 juta unit di Q3 (Oktober hingga Desember).

Tentu saja penjualan itu jauh melampaui 3,9 juta unit PS5 yang dijual oleh Sony, membawa total penjualan Switch menjadi 103,54 juta sejak diluncurkan pada 2017, memungkinkannya juga melampaui penjualan seumur hidup Wii U sebesar 101,63 juta.

Secara keseluruhan, Nintendo menjual 18,95 juta konsol Switch selama sembilan bulan pertama tahun fiskal ke-22, yang turun 21,4 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Setelah beberapa pengurangan dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan mengatakan mereka mengharapkan untuk mengirimkan 23 juta konsol sebelum akhir Maret.

Di sini, Nintendo menyatakan penyebab penurunan adalah karena kekurangan semikonduktor global, serta fenomena penjualan Animal Crossing tahun sebelumnya.

Namun, tercatat bahwa penjualan perangkat keras untuk kuartal tersebut masih yang terbaik selama generasi Switch, dan naik ke level tertinggi kedua dalam sejarah perusahaan.

Melansir Engadget, Kamis, 3 Februari, ada pun perangkat lunak yang menyumbang penjualan Switch pada triwulanan tertinggi (konsumen) sejak diluncurkan meliputi di bawah ini.

 

Seperti Pokémon remaster Brilliant Diamond dan Shining Pearl memimpin penjualan gim Nintendo dengan total 13,97 juta unit selama sembilan bulan terakhir. Mario Kart 8 Deluxe telah terjual 7,96 juta unit, Mario Party Superstars terjual 5,43 juta unit dan Animal Crossing: New Horizons 4,99 juta.

Metroid Dread, yang diperkenalkan tahun lalu, telah mengelola 2,74 juta unit sejak mulai dijual. Nintendo juga memiliki beberapa judul baru yang akan diperhitungkan untuk kuartal berikutnya, termasuk Pokémon Legends Arceus yang tiba pada 28 Januari.

Judul itu dimulai dengan baik di Inggris, melampaui penjualan Animal Crossing di minggu pertama. Nintendo juga akan menghadirkan Kirby and the Forgotten Land pada 25 Maret mendatang.