Bagikan:

JAKARTA - Nintendo Switch memuncaki penjualan konsol terbanyak daripada Xbox Series X dan PlayStation 5 dalam penjualan unit pada Februari.

Menurut Mat Piscatella dari NPD yang dilansir dari The Verge, Minggu, 13 Maret, PS5 menempati posisi teratas sebagai perangkat gim terlaris di AS bulan lalu.

Switch dan PS5 telah bertukar tempat sebagai konsol nomor satu sejak PS5 memecahkan rekor hampir tiga tahun pada Oktober lalu. Namun, waktu di puncaknya berumur pendek, karena Switch OLED baru meningkatkan penjualan konsol, membawanya kembali ke posisi nomor satu hingga November dan Desember 2021.

Sejauh ini pada tahun 2022, Switch telah menjual unit terbanyak, sedangkan PS5 telah menghasilkan uang paling banyak.

Tentu saja, pengaturan switch on-and-off-again banyak berkaitan dengan ketersediaan. Kekurangan chip global telah membuat konsumen sulit untuk menemukan PS5 dan Xbox Series X tanpa membayar harga calo. Sementara itu, Switch konsol yang sekarang telah berusia lima tahun menjadi sedikit lebih mudah ditemukan di toko dan online meskipun Nintendo memangkas produksinya sebesar 20 persen hingga Maret 2022. Kapan pun ketersediaan untuk Xbox Series X dan PS5 meningkat, itu akan menjadi menarik untuk melihat bagaimana penjualan Switch menumpuk.

Sedangkan untuk gim yang paling laris adalah Elden Ring, yang menempati posisi teratas. Yang membuat kemenangan ini semakin mengesankan adalah bahwa Elden Ring baru keluar di bulan Februari, dan penjualannya masih berhasil melampaui Horizon II: Forbidden West dan Pokémon Legends: Arceus yang baru dirilis.