Terjual 89,04 Juta Unit, Nintendo Switch Berhasil Geser Pasar PlayStation 3
P{enjualan Nintendo Switch akan mengalahkan beberapa konsol lain. (foto: Alvaro Reyes / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Nintendo berhasil menjadikan konsol terbaru mereka, Switch, sebagai salah satu konsol generasi terbaru dengan penjualan terbaik.

Penjualan itu diklaim, bakal mengejar jumlah penjualan Wii U. Bahkan, beberapa pihak mengatakan angka yang dihasilkan Nintendo Switch akan mengalahkan beberapa konsol lain.

Dari laporan yang dirilis oleh Nintendo dikutip dari Nintendo Life, Senin 9 Agustus, hingga kini perusahaan telah mengirimkan 89,04 juta unit konsol. Mereka mengatakan bahwa angka ini semakin mendekati penjualan Wii U yang mencapai 100 juta unit.

Penjualan tersebut membuat Switch pada akhirnya menjual lebih banyak dari konsol populer lainnya seperti Sony PlayStation 3 dan Microsoft Xbox 360. Di mana, PlayStation 3 berhasil terjual 87,4 juta unit selama masa produksinya.

Sedangkan Xbox 360 berhasil menjual 86 juta unit. PlayStation 2 di sisi lain masih memegang rekor dengan 155 juta unit yang merupakan sebuah angka yang cukup besar. Nintendo mengatakan bahwa penjualan perangkat keras ini didorong oleh rilis Animal Crossing: New Horizons di Maret 2020 pada kuartal pertama tahun lalu, dan tanpa aplikasi video gim serupa tahun ini, penjualan telah menurun sebesar 21,7 persen.

Perusahaan berharap konsol Switch akan memecahkan 100 juta unit pada Maret 2022, di mana perusahaan juga akan menjual lebih banyak sistem, dan melakukannya lebih cepat, daripada Wii U yang memecahkan rekor saat ini.

Namun Nintendo belum berniat untuk meluncurkan penerus Switch sementara ini. Mereka lebih memilih meluncurkan model Switch yang datang dengan layar OLED dan kickstand baru.