Tips Kurangi Latency Bluetooth Agar Suara Headset Jernih, Ini Deretan Keuntungannya
Cara mengurangi latency bluetooth (Foto: Business Insider)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bluetooth bukanlah jenis teknologi baru. Tapi, penerapannya pada beragam jenis gawai dan perangkat menjadi perkembangan tersendiri dalam dunia teknologi. Bahkan, turut mengubah gaya hidup masyarakat.

Kini, Anda tak perlu lagi terbatas jarak akibat kabel yang terlalu pendek. Anda pun bisa selamanya terbebas dari jeratan kabel yang berkaitan dan terserak di lantai. Hanya saja, di balik seluruh keunggulannya tersebut, perangkat Bluetooth belumlah sempurna. 

Ketika Anda merasa lebih tenang karena minim kabel berantakan, Anda akan menemukan problem baru dari perangkat bluetooh. Yakni latency. Tapi, apa itu latency pada Bluetooth dan bagaimana cara menguranginya? 

Kali ini , tim VOI sudah rangkumkan dari berbagai sumber jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu. Mulai dari pengertian, hingga cara mengurangi lantency bluetooth. Penasaran? Langsung simak uraian di bawah.

Apa yang Menyebabkan Koneksi Bluetooth Lag? 

Perangkat nirkabel memang memudahkan mobilitas seseorang. Tapi, pada dasarnya, perangkat nirkabel tetap mentransmisikan informasi dari perangkat utama, misal ponsel, ke perangkat bluetooth –contohnya seperti headset, speaker, atau tetikus.

Menggunakan kabel, pengiriman informasi antar perangkat terjadi secara langsung. Pada laptop, kita biasanya menemukan Port atau lubang colokan berbentuk unik dan cuma bisa dipakai untuk jenis tertentu saja.

Namun, pada perangkat nirkabel, tak ada kabel yang bisa dipakai untuk mengirimkan data. Menyebabkan latency dan lag sinyal bisa terjadi ketika dua perangkat tidak mampu berkomunikasi secara cepat. 

Hasilnya, saat menggunakan headset bluetooth, Anda akan menemukan suara yang patah-patah. Sedangkan pada mouse, biasanya Anda merasa gerakan kursor di layar jadi lebih lambat. 

Cara Mengurangi Lag dan Latency pada Perangkat Bluetooth

Beruntungnya, latency dan lag bukanlah kendala besar bagi perangkat bluetooth. Soalnya, ada beberapa cara untuk mengurangi latency bluetooth. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1.Pastikan Anda berada di dalam jangkauan perangkat bluetooth dan hindari benda yang bisa menghalangi sinyal

2.Menyingkirkan benda-benda yang bisa jadi penghalang sinyal

3.Putuskan sambungan, lalu sambungkan lagi koneksi perangkat bluetooth Anda

4.Gunakan kodek yang bisa mengurangi latency bluetooth

5.Sambungkan perangkat bluetooth dengan perangkat yang benar-benar kompatibel

Harus dicatat, latency pada koneksi bluetooth tidak bisa dihilangkan begitu saja. Akan selalu ada, bergantung pada benda-benda yang menghalangi sinyal serta kompatibilitas perangkat. Jadi, saat Anda merasa sambungan bluetooth pada perangkat agak tinggi, segera lakukan salah satu langkah di atas.