Bocoran Terbaru iPhone 13 Bakal Lebih Tebal dari iPhone 12, Ini Alasannya
Produk terbaru Apple akan lebih tebal dari iPhone 12. (David Svihovec/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Iterasi berikutnya dari iPhone tidak diharapkan setidaknya satu bulan lagi, tetapi orang dalam sudah mengatakan itu akan datang dengan masa pakai baterai yang lebih lama.

ZDNet melaporkan bahwa iPhone 13 akan menjadi 'sedikit lebih tebal' daripada iPhone 12 saat ini. Rumornya adalah karena 'Apple berencana untuk meningkatkan kapasitas baterai dari jajaran baru dan meningkatkannya secara signifikan'

Kolumnis teknologi Adrian Kingsley-Hughes mengatakan dia mendengar kapasitas baterai Pro Max akan naik dari 3687mAh menjadi 4352mAh, dan model Pro dan reguler naik dari 2815mAh menjadi 3095mAh. Bahkan iPhone 13 Mini akan mendapatkan tambahan, dari 2227mAh menjadi 2406mAh.

Prosesor A15 ponsel diklaim akan menurunkan konsumsi energi sebesar 15 hingga 20 persen, Kingsley-Hughes memperkirakan iPhone baru dapat memiliki masa pakai baterai terbaik dari perusahaan hingga saat ini.

Mengingat bahwa segala sesuatu tentang iPhone 12 - dari kamera ke layar hingga kinerja - sangat bagus sehingga perbaikan tidak akan terlihat, maka daya tahan baterai yang lebih baik memang akan menjadi nilai jual yang kuat.

Ada pembicaraan bahwa model yang lebih besar adalah karena Apple akan menambahkan kemampuan pengisian terbalik, memungkinkan pemilik untuk menggunakan ponsel mereka untuk memberi daya pada perangkat kecil seperti AirPods atau Air Tag.

Kingsley-Hughes menyebut itu 'ide bodoh', mengingat betapa buruknya daya tahan baterai sudah menjadi keluhan besar di kalangan pengguna iPhone.

“Sekarang Apple telah mengadopsi pengisian nirkabel, ada banyak pilihan untuk mengisi ulang ponsel, headset, dan jam tangan Anda tanpa mencolokkan kabel ke perangkat seluler,” ujar Kingsley-Hughes seperti dikutip Dailymail.

Bahkan jika iPhone berikutnya tidak lebih tebal, menurut DigiTimes, telepon dapat menggunakan chip perangkat pasif terintegrasi (IPD) yang 'lebih ramping', daripada chipset A15 yang diharapkan, menyisakan lebih banyak ruang untuk baterai yang lebih besar.

Rumor tentang iPhone berikutnya telah beredar hampir sejak Oktober 2020. Pada Juli 2021, bocoran gambar perangkat yang diklaim sebagai iPhone 13 menyarankan akan memiliki tonjolan kamera yang lebih besar dengan lensa diletakkan secara diagonal, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar atau foto wide-angle dan zoom-in yang lebih baik.

Klaim lain tentang rilis mendatang, diharapkan pada September 2021, termasuk 'benjolan' kamera yang sedikit lebih besar, zoom telefoto 2,5x, dan peningkatan ke lensa sudut super lebar. MacRumors melaporkan kamera iPhone 13 akan memiliki aperture f1.8, lebih rendah dari f2.4 pada iPhone 12.

Aperture yang lebih rendah berarti lebih banyak cahaya yang masuk, yang menciptakan foto dinamis dan depth of field yang bagus. Ini juga berguna untuk memotret di bawah cahaya redup, seperti di malam hari.

Peningkatan bisa datang ke keempat model yang dikabarkan, kata situs itu, iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Menurut Tom's Guide, lensa tersebut juga akan menyertakan fokus otomatis dan stabilisasi gambar optikal sensor-shift (OIS), yang membantu mengatasi guncangan. Tom's Guide juga mereferensikan mode potret untuk video dan mode astrofotografi untuk memotret langit malam.

Perusahaan juga disarankan untuk mengembalikan Touch ID, karena masker wajah telah mengganggu kemampuan beberapa pengguna untuk menggunakan ID Wajah.

Tentu saja, karena Apple belum secara resmi membagikan spesifikasi apa pun, segala sesuatu tentang iPhone 13 adalah spekulasi. Bahkan namanya: survei yang dilakukan oleh situs ponsel bekas SellCell menemukan bahwa hampir 75 persen responden berpikir Apple akan menghindari pelabelan produk berikutnya smartphone gen dengan nomor '13,' karena dianggap sial di beberapa budaya.

Hampir satu dari lima (18,3 persen) mengatakan mereka menolak untuk membeli apa pun yang disebut 'iPhone 13' karena takhayul itu.

Apple memang meluncurkan iOS 13 pada 2019 dan angka 13 hanya sial hanya berlaku di budaya Barat. Sementara di Cina, itu berarti 'pertumbuhan yang pasti' atau 'pasti bersemangat', dan menunjukkan keberuntungan.