Keren! Penjualan Nintendo Switch Berhasil Melampaui Penjualan Wii di AS
Tampilan Nintendo Switch (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Penjualan perangkat genggam hybrid Nintendo Switch, akhirnya berhasil melampaui penjualan Wii di pasar Amerika Serikat (AS) selama Juli 2023. 

Tidak hanya itu, data terbaru yang dibagikan oleh Circana milik Games Industry Biz juga menyebutkan bahwa penjualan seumur hidup Switch juga mengejar penjualan konsol populer di generasi sebelumnya, seperti Xbox 360 yang kurang dari satu juta unit, dan PlayStation 2 kurang dari lima juta unit. 

Mengejar penjualan Nintendo Wii bukanlah hal yang mudah. Mengingat Wii adalah salah satu konsol tersukses sepanjang masa, yang berhasil terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia. 

Circana juga mencatat, perkembangan dan pertumbuhan performa Switch yang kuat di tahun 2023 ini dibantu dengan dirilisnya The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom di platform tersebut. 

Di sisi lain, penjualan produk perangkat keras baru menyumbang 7 miliar dolar AS (Rp106 triliun) dari total belanja video game senilai 57 miliar dolar AS di pasar AS selama 12 bulan terakhir, bisa diartikan 19 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sebagai perbandingan, PlayStation 5 kini berada dalam tren 5 persen di atas PlayStation 4 dan 87 persen mengungguli PlayStation 3 dalam hal penjualan unit sesuai waktu. 

Sementara itu di pasar perangkat keras Xbox, penjualan Xbox Series berada di belakang penjualan Xbox One sebesar 10 persen, namun mengungguli Xbox 360 sebesar 6 persen.