Gim Mario Kart 8 dan Splatoon di Wii U Mendadak Offline, Nintendo Akui Ada Masalah Keamanan!
Gim Mario Kart 8 di Wii U / dok. Nintendo

Bagikan:

JAKARTA - Nintendo dilaporkan telah menghapus fitur online dari gim Mario Kart 8 dan Splatoon versi konsol Wii U, diklaim karena mengalami kerentanan keamanan.

Media online VGC melaporkan, gim tersebut offline pada pukul 23:30 ET kemarin malam dan perusahaan mengatakan perbaikannya dapat memakan waktu berhari-hari. Versi gim Nintendo Switch tidak terpengaruh.

"Splatoon, Mario Kart 8 — Layanan jaringan ini saat ini tidak tersedia karena pemeliharaan mendesak diperlukan untuk memperbaiki kerentanan terkait permainan online," tulis Nintendo pada laman status operasional server.

"Kami belum memiliki informasi kapan layanan jaringan dapat dipulihkan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. (Kode Kesalahan: 106-0811)," imbuhnya.

Masalah keamanan itu diklaim merupakan bentuk eksploit, dimana penyerang dapat mengambil kendali sistem korban hanya dengan cara dicocokkan saat mereka dalam gim multiplayer daring.

Penambang data Nintendo yang dikenal sebagai OatmealDome, menyatakan masalah ini hampir pasti karena ENLBufferPwn yang konon diatasi oleh Nintendo dengan merilis tambalan untuk beberapa gim di Switch dan bahkan Mario Kart 7 di 3DS.

Sepertinya, beberapa gim Nintendo Switch lainnya juga rentan disusupi, termasuk Mario Kart 8 Deluxe, Animal Crossing: New Horizons, Nintendo Switch Sports, dan Splatoon 2 dan 3. Perusahaan tampaknya telah menambal semua judul tersebut untuk melindunginya dari eksploitasi.

Melansir The Verge, Sabtu, 4 Maret, gim terlaris Wii U sepanjang masa adalah Mario Kart 8 dan telah terjual lebih dari 8 juta kopi. Tetapi gim di Wii U dihentikan pada 2017 karena hanya terjual 13,56 juta unit seluruhnya.

Sistem ini secara luas dianggap gagal dan terjual habis oleh penggantinya, Nintendo Switch hanya dalam 10 bulan. Sekarang, Nintendo masih berupaya memperbaiki masalah dengan Mario Kart 8 dan Splatoon untuk Wii U meskipun konsolnya sudah tidak berfungsi dan berencana menghapus penjualan Wii U eShop bulan ini.

Setelah 27 Maret, pemilik sistem Wii U tidak akan dapat melakukan pembelian di etalase digital, tetapi mereka masih bisa mengunduh judul yang dibeli sebelumnya.

Sementara itu, Nintendo juga baru saja membeberkan program terbaru yang akan datang ke Mario Kart 8 Deluxe di Switch minggu depan, sebagai bagian dari Booster Course Pass.