Peluncuran Nintendo 2 Semakin Dekat, Bagaimana Nasib Switch?
Tampilan Nintendo switch saat ini (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Berdasarkan beberapa bocoran, Nintendo akan segera meluncurkan perangkat genggam generasi selanjutnya tahun depan. Itu artinya, akan menjadi tahun terakhir di mana Switch menjadi perangkat keras utama Nintendo. 

Jika kabar ini benar adanya, sepertinya Nintendo tidak akan membiarkan perangkatnya mati begitu saja. Faktanya, tahun 2023 telah menjadi salah satu tahun terkuat Switch hingga saat ini.

Pertama, kita bisa melihat kesuksesan The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom yang dirilis pada bulan Mei lalu mendatang rating skor 96. Juga, judul terbesar dari waralaba Super Mario, yakni Super Mario Bros. yang akan dirilis pada 20 Oktober mendatang. 

"Kami ingin menciptakan sebuah gim dengan lebih banyak hal untuk ditawarkan daripada sebelumnya, jadi kali ini, kami tidak menetapkan periode waktu tetap untuk pengembangan, yang biasanya diputuskan sebelum kami memulainya,” kata pengembang lama Mario, Takashi Tezuka, menjelaskan dalam sebuah wawancara melansir The Verge

Selama bertahun-tahun, Switch telah melewati beberapa periode yang relatif tenang dalam hal rilis baru yang besar, tetapi tahun ini, Nintendo benar-benar berhasil memenuhi jadwalnya. 

Meskipun Mario dan Zelda jelas menjadi headliner, namun jajaran tersebut disempurnakan dengan peluncuran Pikmin 4, beberapa rilis Pokémon, dan judul-judul yang akan datang seperti WarioWare: Move It! dan RPG Super Mario. 

“Kami mempunyai ide yang sama untuk mencoba menciptakan sesuatu yang baru dan mengesankan” – Shigeru Miyamoto, saat bermitra dengan Universal untuk Super Nintendo World. 

Jadi, ini bisa menjadi transisi konsol paling penting dalam sejarah Nintendo. Setelah masa kelam Wii U, Nintendo menggunakan Switch untuk membuktikan bahwa mereka dapat menawarkan versi terpadu dari konsol dan bisnis portabelnya. 

Bahkan, penjualan perangkat genggam hybrid Nintendo Switch, akhirnya berhasil melampaui penjualan Wii di pasar Amerika Serikat (AS) selama Juli 2023.  

Data dari Circana milik Games Industry Biz juga menyebutkan bahwa penjualan seumur hidup Switch juga mengejar penjualan konsol populer di generasi sebelumnya, seperti Xbox 360 yang kurang dari satu juta unit, dan PlayStation 2 kurang dari lima juta unit. 

Jadi, Switch mungkin akan mencapai kesuksesan pada tahun 2023. Tapi, jika Nintendo melakukannya dengan benar, tahun ini akan menjadi awal dari sesuatu yang jauh lebih besar.