Mungkinkah Nintendo Bakal Rilis Konsol Switch Pro Tahun Depan?
Ilustrasi Nintendo Switch (Image by joatseu from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Nintendo dikabarkan bakal segera merilis varian terbaru dari konsol Switch. Dengan sejumlah peningkatan, konsol portable hybrid ini akan mulai dipasarkan pada awal 2021. 

Melansir dari laman inverse, generasi terbaru dari Nintendo Switch ini akan memiliki kemampuan grafis 4K dan daya komputasi yang lebih besar dari model sebelumnya. Besar kemungkinan konsol baru ini akan menjadi versi 'Pro' dari varian Nintendo Switch, yang telah memiliki varian Lite. 

Kabar soal kehadiran Switch Pro sebenarnya telah beredar sejak akhir 2019. Tapi rumor ini kembali mencuat pada Januari 2020 setelah Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa memberikan kisi-kisi bila Switch versi baru tak akan meluncur sebelum akhir tahun.

Menilik dari dua model Switch yang telah beredar di pasaran, konsol hybrid ini dibangun menggunakan SoC Nvidia Tegra X1. Kendati manufaktur maupun spesifikasi yang dipakai telah lebih dari lima tahun, Nintendo Switch masih memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan.

Jika rumor ini benar, maka ini adalah pertama kalinya Nintendo memberikan upgrade performa yang signifikan untuk Switch. Terlebih teknologi prosesor mobile sudah semakin canggih, jadi ada banyak ruang untuk mendongkrak performa Switch.

Bersamaan dengan rencana peluncuran versi terbaru dari Switch. Nintendo juga dilaporkan akan membawa banyak game dari sejumlah studio pihak ketiga maupun gim original yang akan dirilis untuk konsol baru ini.

Mengutip laporan Bloomberg, Nintendo belum berkomentar mengenai informasi terkait versi 'Pro' dari Switch. Di samping itu Nintendo juga belum mengumumkan game-game besar untuk musim libur Natal tahun ini, karena publik lebih fokus pada PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Sejauh ini, Nintendo Switch menjadi konsol gim populer dengan model standar yang sudah terjual 61,44 juta unit sejak dirilis pada 2017 lalu. Di tahun 2020, Switch tetap laris manis dengan gim eksklusifnya Animal Crossing: New Horizon yang mendorong jutaan gamer membeli konsol ini selama pandemi virus corona.