Facebook Beri Pemberitahuan Saat Pesan di Vanish Mode Disimpan Seseorang, Ini Caranya!
Facebook akan beri tahu pengguna jika pesan vanish Mode direkam seseorang. (foto; dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, telah memperingatkan pengguna Messenger bahwa teman-teman mereka akan segera dapat melihat apakah mereka telah membuat tangkapan layar obrolan di Messenger.

Bagi pengguna pesan menghilang di Messenger atau 'Vanish Mode', berhati-hatilah karena mungkin pesan Anda tidak hilang sepenuhnya. Peringatan ini muncul dari CEO Meta Platform Inc,  Mark Zuckerberg, yang mengeluarkan peringatan melalui Facebook-nya, yng juga dikutip DailyStars.

Setelah mengumumkan bahwa semua obrolan Messenger dapat dienkripsi, sama seperti WhatsApp, Zuckerberg mengatakan dalam sebuah posting bahwa orang harus berhati-hati jika mereka mengambil screencaps saat Disappearing Messages diaktifkan.

Disappearing Messages adalah teks yang hilang secara otomatis. Fitur ini dapat diaktifkan di pengaturan Messenger Anda. Namun, jika Anda atau teman mengambil tangkapan layar dari obrolan teks yang menghilang tersebut, maka akan ada pemberitahuan tentang tindakan itu. Karena ini berarti salinan obrolan Anda akan tetap ada meskipun pesan telah hilang di aplikasi.

"Pembaruan baru untuk obrolan Messenger terenkripsi ujung-ke-ujung sehingga Anda mendapatkan pemberitahuan jika seseorang menangkap layar pesan yang hilang," tulis Zuckerberg di profil Facebook-nya. "Kami juga menambahkan GIF, stiker, dan reaksi ke obrolan terenkripsi juga."

Zuckerberg kemudian berbagi pertukaran dengan istri dan pasangan jangka panjangnya, Priscilla Chan. Zuckerberg membuat lelucon cheesy tentang superkomputer, dan Priscilla mengambil tangkapan layar, menunjukkan bagaimana notifikasi akan bekerja setelah pesan yang hilang diaktifkan.

Bagaimana cara mengaktifkan pesan yang hilang di Facebook Messenger?

Sangat mudah untuk mengaktifkan pesan yang menghilang, yang dikenal sebagai 'Vanish Mode', di Facebook Messenger. Ini akan menghapus pesan Anda secara otomatis setelah penerima membacanya.

  1. Buka obrolan dengan seseorang di Messenger
  2. Geser ke atas dari bagian bawah layar. Anda akan mendapatkan notifikasi yang meminta Anda untuk menggeser ke Vanish Mode
  3. Geser terus ke atas sampai lingkaran biru terisi.

Vanish Mode sekarang akan diaktifkan. Pastikan untuk mengawasi pemberitahuan tentang pesan Anda yang di-screenshot.