Facebook Luncurkan Fitur <i>Vanish Mode</i> di Messenger
Fitur baru Vanish Mode (dok. Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook baru saja mengumumkan fitur baru, yang sekilas mirip Snapchat. Dijuluki Vanish Mode atau Mode Lenyap yang akan hadir dalam pesan Messenger Facebook.

Mengutip Slashgear, Jumat 13 November, dalam Vanish Mode, memungkinkan pengguna baik Instagram dan Messenger dapat mengirimkan pesan obrolan yang dapat hilang setelah dibaca. Di mana pesan tersebut bisa berupa teks, emoji, gambar, GIF, atau pesan suara dari ruang obrolan. 

Fitur Vanish Mode di Facebook Messenger (dok. Facebook)

Meski sekilas mirip, fitur ini tidak seperti di Snapchat. Di mana Vanish Mode bukanlah pengaturan default. Pengguna harus mengaktifkannya dari dalam obrolan yang ada dengan menggesek layar perangkat seluler, tetapi mereka bisa mematikannya kembali.

Nantinya, Facebook akan lebih dahulu memperkenalkan fitur ini saat pengguna membuka Instagram atau Messenger. Di mana hal itu akan menunjukkan layar yang akan muncul untuk menjelaskan cara kerja Vanish Mode.

Menariknya, pengguna akan diberi tahu jika seseorang mengambil tangkapan layar dari percakapan, seperti yang dilakukan Snapchat. Facebook juga menyematkan sistem pemblokiran maupun pelaporan bagi pengguna yang ingin melaporkan percakapan.

Selain peluncuran Vanish Mode, Instagram juga nantinya akan menerima banyak tambahan fitur yang terinspirasi dari Messenger, seperti kemampuan untuk mengubah warna obrolan atau bereaksi dengan emoji apa pun.

Sebagai informasi, Vanish Mode telah diluncurkan mulai hari ini lebih dahulu di aplikasi Messenger di AS, Canada, Mexico, Peru dan Bangladesh. Sedangkan untuk Instagram akan segera hadir di Canada, Argentina, Chile, Peru dan beberapa negara lainnya.