JAKARTA - Studi terbaru dari Facebook IQ tentang Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas menunjukkan jika Gen X dan Boomers mendominasi pertumbuhan e-commerce. Terlebih selama masa pandemi, mereka mulai gemar untuk berbelanja online.
"Sebanyak 43 persen yang kami survei dari Gen X dan Bookers mengatakan telah meningkatkan total pengeluaran belanja online mereka selama COVID-19," ujar Vertical Lead untuk Facebook di Indonesia, Aldo Rambie, dalam Facebook Summit Indonesia 2020, Selasa, 10 November.
Dikatakan Generasi X atau Gen X adalah mereka yang lahir tahun 1965-1979. Sementara generasi Baby Boomer lahir pada rentang tahun 1944-1964. Kini keduanya justru yang paling mendominasi pertumbuhan seluler dan e-commerce secara global.
Tak mengejutkan, sebab menurut Aldo, Indonesia merupakan negara dengan penetrasi mobile first cukup besar, di mana telepon genggam menjadi acuan utama untuk customer journey. Bahkan lebih dari 70 persen mereka akan lebih tertarik untuk membeli secara online
Secara umum, Groceries atau barang kebutuhan pokok sehari-hari menjadi kategori yang paling banyak dicari. Di mana 56 persen orang yang di survei, menyatakan mereka melakukan lebih banyak pembelian online di kategori ini.
"Secara umum, dari perspektif kategori kami melihat groceries atau kebutuhan pokok tinggi tahun ini. Tentunya, kategori kebutuhan pokok di online sangat kecil penetrasinya, kami melihat adanya akselerasi di sini," ujar Aldo.
Sementara riset Facebook IQ juga memperlihatkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia sensitif terhadap harga, yang menunjukkan bahwa 11.11 dan 12.12 menjadi acara obral besar yang paling populer di Indonesia, menurut hasil survei.
Periode obral besar seperti Harbolnas adalah waktu dimana orang melakukan eksplorasi kategori produk baru. Milenial, sebanyak 41 persen dari yang disurvei, adalah kelompok yang paling terbuka dengan produk baru.
Seiring dengan semakin bergantungnya orang pada pembelian online, pengalaman berbelanja online baru seperti Live shopping, Social Buying dan gamification atau belanja dengan cara bermain akan menarik perhatian calon pelanggan.
BACA JUGA:
Khusus untuk Harbolnas, Facebook IQ menilai bahwa konsumen ingin melihat video yang menunjukkan bagaimana produk digunakan secara nyata untuk membantu mereka membuat kepuusan. Selanjutnya bagaimana konten tersebut dibuat dengan kreatif dan memberikan informasi terkini soal harga, promo, obral maupun diskon terbaru.
Survei ini dilakukan terhadap 1.515 pembeli keperluan liburan di Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas tentang kebiasaan dan sikap belanja akhir tahun mereka, bekerja sama dengan YouGov mulai dari 2 Desember hingga 24 Desember 2019.
Studi ini kemudian dilengkapi juga dengan analisa berbagai sumber ketiga, termasuk di dalamnya Gelombang 1-3 dari Global Web Index Coronavirus Multi Market Study terhadap pengguna internet usia 18-64 tahun.