Mengintip Peluang Bisnis Ekspedisi di 2023, Masih Tetap Cuan?
Ilustrasi bisnis ekspedisi (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Peluang bisnis ekspedisi 2023 menarik untuk disimak, karena sektor ini tumbuh subur pada tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, tahun 2022, sektor industri logistik mengalami pertumbuhan yang sangat siginifikan. Hal ini ditopang oleh pertumbuhan pasar e-commerce di dalam negeri yang nilainya mencapai 59 miliar dolar pada 2022. Angka tersebut setara dengan 76,62 persen total nilai ekonomi digital Indonesia yang besarnya 77 miliar dolar AS.

Menurut  riset Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi sektor e-commerce pada 2022 meningkat 22 persen ketimbang tahun sebelumnya yang nilainya sebesar 48 miliar dolar AS. Jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi COVID-19, nilai e-commerce di Tanah Air bahkan naik 136 persen dari pencapaian tahun 2019 yang hanya 25 miliar dolar AS.

Pertumbuhan pasar e-commerce di tanah air ikut mengerek industri logistik. Volume traffic logistic ekspres ikut terdongkrak seiring naiknya tren belanja online melalui platform e-commerce. Oleh sebab itu, jangan heran jika bisnis ekspedisi semakin banyak bermunculan.

Pada artikel kali ini, VOI akan mengeluas peluang bisnis ekspedisi 2023 yang sebelumnya berhasil tumbuh dengan sangat mengesankan.

Peluang Bisnis Ekspedisi 2023

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 30 Januari 2022, berikut beberapa peluang bisnis ekspedisi yang bisa jadi pertimbangan:

  1. Aktivitas Belanja Online Meningkat

Pandemi COVID-19 telah mengubah pola konsumsi masyarakat dari belanja secara offline menjadi online.

Menurut laporan Nielsen IQ, jumlah masyarakat Indonesia yang belanja online lewat platform e-commerce mencapai 32 juta orang pada 2021, atau naik sekitar 88 persen ketimbang 2020 yang hanya 17 juta orang.

Sementara data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjunjukkan, nilai transaksi e-commerce di Indonesia, baik dometik maupun luar negeri mencapai Rp108,54 triliun pada kuartal I-2022, atau tumbuh 23 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Meningkatnya aktivitas belanja online turut mengerek sektor industri jasa pengiriman. Penjual membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang agar sampai ke tangan pembeli.

  1. Modal Kecil

Peluang bisnis ekspedisi 2023 yang berikutnya, yakni bisa dijalankan dengan modal kecil. Bisnis ekspedisi bisa dilakukan dalam skala rumahan sehingga menghemat biaya sewa tempat.

Dengan modal yang tidak begitu besar, bisnis ekspedisi bisa dilakukan oleh siapapun.

Tak sedikit perusahaan jasa ekspedisi yang membuka peluang kemitraan.Beberapa di antaranya bahkan menawarkan program kemitraan mulai dari Rp5 juta.

  1. Peralatan Bisnis Mudah Dijangkau
Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

Untuk menjalankan bisnis ekspedisi, Anda memerlukan beberapa perlengkapan dan peralatan untuk pengelolaannya. Contohnya, komputer, timbangan, kertas, plastik untuk packing, boks kayu, solasi, lem, dan lain-lain.

Selain itu, dibutuhkan juga kendaraan untuk melakukan transportasi penjemputan (pick up) barang dari pelanggan, pengangkutan, dan pengiriman barang.

Semua peralatan tersebut, sangat mudah dijangkau. Ini tentu memudahkan untuk Anda yang ingin membuka bisnis ekspedisi.

  1. Prospek Bisnis Ekspedisi di Tahun 2023

Industri di bidang jasa pengiriman diprediksi bakal tetap cerah di tahun 2023. Hal ini disokong oleh pertumbuhan UMKM yang memakai jasa logistik untuk mengirimkan barangnya ke seluruh konsumennya.

Tahun 2022, menurut laporan Asosiasi Logistik Indonesia (ALO), sektor industri logistik tumbuh 40 persen karena banyanya ekpedisi dari ritel atau toko yang mengirim produkya ke pelanggan lewat jasa logistik. Tren ini diprediksi akan terus berlanjut pada 2023.

Demikian informasi tentang peluang bisnis ekspedisi 2023, semoga bermanfaat!