4 Peluang Bisnis untuk Masyarakat Pesisir, Dijamin Cuan!
Ilustrasi peluang bisnis untuk masyarakat pesisir (Foto: Pixabay/allanlau2000)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tinggal di wilayah yang dekat dengan pantai ternyata memberikan banyak keuntungan. Anda bisa mendulang cuan dengan mencoba salah satu peluang bisnis untuk masyarakat pesisir.

Adapun peluang bisnis untuk masyarakat pesisir yang tidak pernah sepi peminat yakni bisnis kuliner, penginapan, penyewaan alat-alat piknik, sewa perahu, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan tentang peluang bisnis untuk masyarakat pesisir dalam artikel berikut ini, sebagaimana dirangkum VOI dari berbagai sumber, Rabu, 31 Januari 2024.

Peluang Bisnis untuk Masyarakat Pesisir

1. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner termasuk bisnis yang tidak pernah sepi peminat, terlebih di kawasan obyek wisata. Anda yang tinggal di kawasan wisata pesisir bisa mencoba berjualan makanan dan minuman untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Pelancong atau wisatawan yang datang tentunya ingin menjajal kuliner khas dari tempat tersebut.

Cobalah untuk menjual makanan yang menjadi ciri khas tempat tinggal Anda. Bila tidak ada, Anda bisa menjajakan kuliner yang identik dengan suasana pinggir pantai. Misalnya, seafood, cemilan, es kelapa muda dan lain sebagainya.

Usaha kuliner bisa dimulai dengan modal minim sesuai budget dan kemampuan keuangan yang dimiliki. Bila Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat berjualan, Anda bisa melakukannya di rumah sendiri.

2. Bisnis penginapan

Peluang bisnis untuk masyarakat pesisir yang berikutnya adalah usaha penginapan. Bisnis ini bisa mendatangkan cuan dalam jumlah yang besar jika dikelola dengan serius.

Potensi untuk mendatangkan pundi-pundi akan semakin besar bila lokasi penginapan Anda memiliki pemandangan yang eksotik dan mengesankan.

Kendati demikian, tingkat persaingan usaha penginapan tergolong cukup ketat. Agar tidak sepi pengunjung, Anda perlu menetapkan harga sewa kamar yang kompetitif serta mempercantik desain interior dan eksteriornya.

Selain itu, Anda juga perlu menggunakan strategi promosi yang efektif, seperti promosi di media sosial hingga media cetak untuk meningkatkan brand awareness.

3. Bisnis sewa peralatan snorkeling dan sejenisnya

Salah satu yang menjadi daya tarik wisata pantai adalah keindahan terumbu karangnya. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendulang cuan dengan membuka bisnis sewa peralatan snorkeling.

Bila kawasan pantai memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar, Anda bisa membuka bisnis sewa peralatan surfing.

Keberhasilan bisnis ini sangat tergantung pada seberapa lengkap peralatan yang disediakan. Seperti sepatu katak, alat snorkel, kacamata, baju renang khusus, dan alat pendukung lainnya.

4. Bisnis penyewaan perahu

Selain tiga peluang bisnis di atas, Anda yang bermukim di kawasan wisata pesisir juga bisa membuka usaha sewa perahu. Bisnis ini cukup menjanjikan, terlebih bila kawasan pesisir pantai memiliki kondisi yang mendukung, seperti cuaca, alam, hingga ketersediaan fasilitas yang ada.

Tentunya ini akan menarik minat para wisatawan untuk menikmati suasana pesisir pantai dari atas perahu, memancing atau menikmati sunset.

Tarif sewa perahu bisa dibuat per orang atau per perahu, tinggal disesuaikan dengan permintaan pelanggan saja.

Akan tetapi, dibutuhkan modal yang cukup besar untuk menjalankan bisnis ini. Apalagi bila perahu yang digunakan memiliki standar keamanan yang baik.

Bila modal Anda kurang, Anda bisa bekerja sama dengan nelayanan setempat. Dengan sistem bagi hasil, perahu-perahu yang tidak digunakan untuk melaut bisa disewakan ke wisatawan. Jangan lupa sediakan pelampung untuk mencegah risiko tenggalam akibat kecelakaan laut.

Demikian informasi tentang peluang bisnis untuk masyarakat pesisir. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.