Bagikan:

YTOGYAKARTA - Peluang bisnis sewa alat berat disebut cukup menggiurkan, mengingat saat ini tengah masih pembangunan infrastruktur. Apalagi saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya membangun sarana dan prasarana umum baik di kota maupun daerah-daerah, seperti pengerjaan proyek jalan umum, sekolah, rumah sakit, jalan tol, pasar, waduk/bendungan, dan lainnya. 

Persewaan alat berat tidak hanya bisa mengambil peluang kerja sama dengan pemerintah, namun juga bisa menargetkan perusahaan atau vendor swasta. Ada banyak vendor yang membutuhkan alat berat untuk membangun sektor properti, seperti hotel, kantor, perumahan, dan sebagainya. Melihat besarnya demand tersebut, peluang bisnis sewa alat berat sangat menjanjikan untuk jangka panjang. 

Peluang Bisnis Sewa Alat Berat

Bisnis persewaan alat berat menjadi salah satu investasi yang sangat menjanjikan di era pesatnya pembangunan seperti sekarang. Meski modal yang harus dikeluarkan cukup besar, namun tingginya permintaan sewa alat berat juga menghasilkan keuntungan yang tinggi seperti pepatah “high risk, high return”.

Itulah mengapa bisnis ini banyak dilirik oleh para pemodal-pemodal besar. Berikut ini peluang bisnis sewa alat berat yang perlu Anda tahu:

Lebih Ekonomis

Salah satu kelebihan dari bisnis sewa alat berat adalah memberikan nilai ekonomis bagi penyewanya. Banyak kontraktor atau perusahaan yang lebih memilih sewa alat berat dibandingkan membeli sendiri untuk membangun infrastruktur. Dengan menyewa alat berat, maka bisa memangkas anggaran atau menghemat keuangan cukup signifikan. 

Bagi pelaku usaha persewaan alat berat, mereka juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan. Alat berat umumnya memiliki umur pakai yang cukup lama, rata-rata mencapai lima tahun. 

Keuntungan Besar

Tingginya kebutuhan penggunaan alat berat juga membuat bisnis ini mampu mendatangkan keuntungan yang besar. Dengan harga beli yang mahal, tentunya pebisnis bisa menyewakan alatnya dengan harga yang tinggi juga. 

Ditambah lagi dengan pesatnya pembangunan di Indonesia, maka jasa persewaan alat berat semakin banyak dicari. Dalam lima tahun ke depan diperkirakan investasi infrasktrutur akan terus meningkat. Pemilik bisnis ini juga bisa mendulang cuan lebih besar apabila bekerja sama dengan beberapa kontaktor sekaligus. 

Target Pasar Luas

Kelebihan lain dari persewaan alat berat adalah memiliki target pasar yang luas. Dengan terus bertambahnya proyek pembangunan, maka tidak sulit untuk menemukan client atau vendor yang ingin menggunakan jasa sewa alat berat. 

Ada berbagai proyek besar yang dapat disasar menjadi klien baik instansi pemerintah maupun vendor swasta, seperti pembangunan gedung kantor, jalan tol, jembatan, waduk/bendungan, pasar, pabrik, dan sebagainya. Selain itu, alat berat tidak hanya dibutuhkan dalam proyek-proyek tersebut namun juga digunakan dalam kegiatan lainnya, seperti evakuasi saat bencana alam, membangun rumah untuk pribadi, hingga meratakan tanah. 

Mudah Menemukan Pelanggan Potensial

Persewaan alat berat juga mudah menemukan pelanggan potensial, tanpa bersusah payah mencari klien satu per satu. Sebagai contoh, pemerintah Indonesia menggelontorkan dana lebih dari Rp1 miliar per tahun untuk setiap desa yang ada di tanah air. Dana tersebut dapat digunakan untuk membangun atau memperbaiki sarana di desa. 

Jadi Anda bisa langsung menawarkan proposal kerjasama dengan pimpinan desa. Apabila kerjasama berhasil maka Anda sudah mendapatkan minimal satu penyewa untuk pemakaian unit alat berat. Belum lagi jika klien tidak hanya menyewa alat berat saja, tapi juga membutuhkan perlengkapan lain untuk mendukung proses pembangunan. 

Sistem kerja sama seperti itu juga bisa Anda lakukan untuk target klien tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga lingkup kementerian. Biasanya tiap instansi memiliki anggaran tahunan untuk pembangunan berbagai infrastruktur. Selain itu, proses penawarannya pun dibuka secara mudah melalui platform online, yang mana tiap vendor penyewaan alat berat bisa langsung mengajukan penawaran. 

Demikianlah ulasan mengenai peluang bisnis sewa alat berat yang menjanjikan di era pembangunan yang begitu pesat. Jika berminat menjalankan bisnis ini, Anda perlu menyiapkan modal besar untuk membeli alat berat. Namun besarnya dana yang dikeluarkan tersebut akan terbayarkan dengan keuntungan yang sangat tinggi juga. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.