Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan satu kali lihat. 

Dalam pembaruan yang dibagikan oleh WABetainfo, WhatsApp sedang berupaya untuk menghadirkan kemampuan untuk mengirim pesan teks yang hanya dapat dilihat satu kali saja, mirip dengan fitur sebelumnya yang memungkinkan pengguna mengirim foto untuk satu kali lihat. 

Menurut tangkapan layar yang dibagikan tersebut, Anda akan melihat satu tombol khusus baru yang ditempatkan di sebelah kanan bilah obrolan, lokasinya tepat di tempat sama dengan ikon pesawat untuk mengirim pesan. 

Bedanya, tombol baru ini memiliki ikon pesawat didampingi dengan ikon gembok kecil di sebelahnya. Ini mengartikan, Anda mengirimkan pesan teks satu kali lihat. 

Jika diluncurkan nanti, fitur sekali lihat pesan teks ini akan membuat pesan tersebut hilang dari percakapan ketika sang penerima sudah membukanya. Teks tersebut kemudian tidak akan dapat dibaca lagi. 

Belum jelas cara kerjanya seperti apa, tapi Anda bisa menerka-nerka cara kerja fitur ini mirip dengan cara kerja Vanish Mode di Direct Message (DM) Instagram. 

Ketika Anda mengaktifkan Vanish Mode di ruang obrolan DM Anda dengan orang lain, maka orang tersebut akan menerima pesan Anda ketika mereka membukanya. Namun, ketika mereka menutup ruang percakapan itu, dan membukanya kembali, maka percakapan tersebut akan hilang. 

Perlu diperhatikan, karena fitur ini sedang dikembangkan, tata letak tampilan sekali gelembung teks dan tombol kirim dapat berubah sebelum rilis.

Fitur ini mungkin akan sangat berguna ketika Anda berbagi informasi yang sangat penting dan Anda ingin segera menghapusnya dari ponsel penerima untuk menambah privasi sehingga Anda bahkan tidak perlu menghapus tampilan sekali teks untuk semua orang karena akan dihapus secara otomatis. 

Kemampuan untuk mengirim tampilan setelah pesan teks akan dirilis dalam pembaruan WhatsApp beta untuk Android di masa mendatang.