Telegram Hadirkan Fitur Baru di Aplikasinya Agar Lebih Hidup
Di Telegram, Pengguna dapat membuat stiker menggunakan platform pengeditan video apa pun . (foto: Dok. Telegram)

Bagikan:

JAKARTA - Telegram dikabarkan telah menambahkan kemampuan baru pada aplikasi pesan instannya. Pembaruan itu meliputi stiker video, reaksi pesan yang ditingkatkan, emoji interaktif, opsi navigasi baru, bersama dengan beberapa perbaikan bug.

Layanan pesan instan pesaing WhatsApp dan Signal ini sekarang akan memungkinkan pengguna untuk membuat stiker animasi dari video. Ini akan memungkinkan pengguna untuk membuat stiker mereka sendiri dari video biasa, memudahkan proses pembuatan stiker.

Pengguna dapat membuat stiker menggunakan platform pengeditan video apa pun dan menerbitkan paket stiker menggunakan bot stiker.

Peningkatan lain ada pada reaksi pesan, sekarang pengguna dapat menunjukkan reaksi yang lebih besar dengan menekan lama pada reaksi yang diinginkan.

Melansir Neowin, Rabu, 2 Februari, reaksi ini disinkronkan dan penerima akan melihat animasi secara real time. Reaksi juga memiliki status dibaca dan ikon hati muncul di menu daftar obrolan ketika pengguna memiliki reaksi yang tidak terlihat.

Telegram juga telah menambahkan lima reaksi lagi dan bisa dikirim sebagai emoji interaktif. Pengguna sekarang dapat mengirim wajah dengan hati, kepala meledak, wajah berpikir, wajah marah, dan emoji bertepuk tangan. Mengirim salah satu emoji yang disebutkan di atas akan menampilkan animasi saat pengguna mengetuknya.

Selain itu, Telegram juga telah meningkatkan navigasi dalam aplikasinya. Pengguna sekarang dapat menahan tombol Back untuk kembali ke obrolan tertentu. Obrolan ini mencakup obrolan yang dibuka dari pesan yang diteruskan, tautan, nama pengguna, profil, dan lainnya.

Kemudian yang terakhir, pembaruan ini cukup penting bagi pengguna terkait keamanan, dimana Telegram memperkenalkan banyak perbaikan bug dan peningkatan dengan pembaruan ini.

Telegram telah meningkatkan kualitas panggilan, menambahkan dukungan untuk terjemahan ke halaman Instant View, menambahkan opsi untuk mengirim pesan senyap dari menu berbagi, dan lebih banyak lagi peningkatan semacam itu. Di iOS, pengguna sekarang akan melihat animasi baru saat mengetuk ikon di bilah tab, sementara versi Android akan segera tersedia.