Bagikan:

JAKARTA - Memasuki tahun 2024, aplikasi perpesanan Telegram meluncurkan pembaruan ke-10 yang membawa beberapa peningkatan untuk fitur panggilan, efek uap yang baru untuk pesan yang dihapus, pembaruan bot, masih banyak lagi.

Peningkatan Fitur Panggilan

Dalam pembaruan ini, Telegram mendesain ulang fitur panggilan secara menyeluruh dengan animasi yang baru dan latar yang indah yang akan berubah mengikuti status panggilan: berdering, aktif, atau berakhir. 

Selain itu, perusahaan juga telah memperbaiki ratusan bug dan kesalahan antarmuka, serta menambahkan beberapa peningkatan pada kualitas panggilan. 

Efek Uap Baru 

Bulan lalu, Telegram telah mengimplementasikan animasi uap di perangkat iOS untuk pesan yang dihapus otomatis. Sekarang, efek uap ini tersedia di perangkat iOS dan Android dan diputar kapan pun Anda menghapus pesan.

Pembaruan Bot Telegram

Menutup tahun 2023, Telegram menghadirkan pembaruan terbesar Platform Bot di sepanjang sejarah Telegram. Melalui pembaruan ini, Bot sekarang dapat bereaksi pada pesan, termasuk mengelola reaksi, kutipan, dan tautan; serta mengirim balasan ke obrolan atau topik yang lain. 

Menariknya, pembaruan ini juga memungkinkan bot untuk bisa memperoleh informasi mengenai giveaway dan boost di dalam channel apabila bot tersebut diangkat menjadi admin.

Yang utama dari perubahan ini adalah fakta di mana Telegram akan membuat aplikasinya membutuhkan daya yang lebih rendah dari sebelumnya. Dalam artian, aplikasi ini akan lebih hemat baterai dan juga berfungsi lebih lancar untuk perangkat yang lebih tua.