Telegram Tambah Fitur <i>Group Video Call</i> dan <i>Share Screen</i>, Bisa Tampung 30 Orang Sekaligus!
Panggilan video grup Telegram (Blog Telegram)

Bagikan:

Sejak WhatsApp dikabarkan miring terkait pengelolaan data pengguna, Telegram dan Signal menjadi alternatif aplikasi pengiriman pesan pilihan masyarakat. Dan di tengah persaingan di antara ketiga platform yang makin ketat, pembaruan fitur serta layanan merupakan hal yang wajib dilakukan perusahaan.

Demi menghadirkan layanan yang lebih lengkap, Telegram meluncurkan fitur panggilan video grup pada platformnya. Jenis pembaruan yang tentu diharapkan dan dibutuhkan banyak pengguna. Mengingat di masa pandemi ini kebutuhan akan panggilan video grup meningkat pesat.

“Hari ini kami (Telegram, -red), Anda sudah bisa menyalakan kamera serta berbagi layar selama panggilan video grup dan melakukannya di mana pun, dan dengan perangkat apa pun termasuk desktop dan tablet,” tulis Telegram lewat blog resmi, Jumat, 25 Juni.

Panggilan video Telegram (Blog Telegram)

Cara Melakukan Panggilan Video Grup Lewat Telegram

Fitur ini tersedia pada pembaruan aplikasi Telegram yang baru diluncurkan perusahaan hari Jumat kemarin. Maka, jika Anda tertarik untuk melakukan panggilan video grup lewat Telegram, harus memperbarui versi aplikasi terlebih dulu.

Jika sudah, Anda bisa memulai panggilan video grup melalui profil grup Telegram yang diikuti. Caranya, ketuk foto grup Telegram, kemudian klik ikon berbentuk tiga titik yang terletak di pojok kanan atas.

Selanjutnya, ketuk menu ‘Voice Chat’ dengan ikon gagang telepon. Begitu panggilan dimulai, Anda bisa menemukan opsi Switch Your Video On pada ikon kamera. Ketuk ikon tersebut untuk mengaktifkan kamera sehingga panggilan pun beralih jadi panggilan video.

Selanjutnya, Anda tinggal menambahkan anggota yang akan disertakan dalam panggilan video tersebut. Menurut penjelasan perusahaan, Anda bisa menambahkan hingga 30 partisipan dan menampilkan mereka langsung dalam satu layar berbentuk grid atau kotak-kotak kecil.

Tambahkan Fitur Kolaborasi

Selama pandemi, kemudahan melakukan kolaborasi virtual turut menentukan pertumbuhan sebuah platform. Sehingga, banyak platform yang menambahkan fitur sejenis pada layannnya. Tak terkecuali Telegram.

Perusahaan menjelaskan bahwa pihaknya sudah menambahkan beberapa fitur yang mempermudah aktivitas kolaborasi lewat Telegram. Salah satunya yakni fitur Screen Sharing.

Seperti fitur sejenis milik Google Meet, pengguna bisa membagikan isi layarnya pada pengguna lain yang terlibat dalam panggilan grup video. Melalui fitur ini, pengguna pun bisa melakukan presentasi secara online lewat Telegram.

Untuk membagikan layar Telegram saat panggilan video grup, pengguna cukup mengetuk ikon tiga titik selama melakukan panggilan. Selanjutnya, ketuk menu Share Screen. Nantinya, isi dari layar pengguna pun bakal ditampilkan dan bisa dilihat seluruh partisipan panggilan video grup.

Tak hanya itu, perusahaan juga menambahkan fitur peredam bising (Noise Supression) pada layanan panggilan video grup. Fitur ini berfungsi untuk menjaga agar kualitas audio tetap jernih. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa menggeser toogle pada menu Noise Supression yang terletak di dalam Pengaturan.