Bagikan:

JAKARTA – Telegram, pesaing dari WhatsApp, sempat menambahkan sejumlah pembaruan untuk menyambut Hari Natal. Pembaruan ini mulai dari wallpaper Channel hingga repost pesan di Story.

Pembaruan pertama yang Telegram tambahkan adalah penyesuaian tampilan Channel. Seluruh pemilik Channel kini dapat memilih warna dan logo untuk sampul profil, mengatur status emoji, hingga tampilan wallpaper dari Channel mereka.

Untuk mengatur tampilan mulai dari tampilan sampul hingga background pesan, pemilik Channel hanya perlu membuka profil Channel mereka, kemudian memilih Channel Settings dan buka opsi Tampilan. Setelah itu, atur Channel sesuai preferensi Anda.

Berikutnya, Telegram juga menambahkan kemampuan membagikan pesan di Story. Sekarang, seluruh pengguna Telegram bisa membagikan pesan dari Channel ke dalam Story mereka. Saat pengguna mengeklik Story Anda, mereka akan langsung dibawa ke dalam Channel.

Ketika Anda membagikan pesan di Story, Anda bisa mengatur posisi dan mengubah ukuran pesan yang akan diunggah. Anda juga bisa menghias pesan semenarik mungkin hingga pengguna lain ingin mengeklik pesan dari Channel yang Anda bagikan.

Pembaruan lainnya yang Telegram tambahkan adalah fitur melihat pengguna yang membagikan ulang unggahan Anda. Saat membuka Story pribadi, fitur ini akan sederet dengan pengguna yang melihat dan menyukai Story Anda.

Terakhir, Telegram menambahkan kemampuan menghilangkan latar belakang foto di Story. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu menghapus latar belakang foto secara manual. Anda hanya perlu menambahkan foto di atas foto lainnya.

Saat Anda mengeklik foto yang baru ditambahkan, Anda akan melihat opsi Cut Out atau Potong untuk menghilangkan background atau latar belakang. Pilih opsi tersebut dan latar belakang akan langsung hilang secara otomatis.