Miliarder Andrew Forrest Tuntut Facebook, Namanya Digunakan dalam Penipuan
Facebook dituduh tidak melakukan banyak hal untuk mencegah adanya penipuan. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Miliarder asal Australia, Andrew "Twiggy" Forrest,  menuntut Facebook ke pengadilan atas iklan cryptocurrency scammy yang dia duga menggunakan namanya untuk menipu para korban.

Ketua Fortescue Metals ini juga menuduh Facebook melanggar undang-undang pencucian uang Australia. Ia  mengklaim bahwa mereka "secara sadar mendapat untung dari siklus iklan ilegal ini" yang gagal dihapus.

Sidang pengadilan awal di pengadilan Magistrates Australia Barat dijadwalkan pada 28 Maret, dengan sidang komitmen diharapkan nanti pada 2022.

Forrest mengajukan tuntutan berdasarkan Bagian 10 KUHP Persemakmuran, dengan persetujuan Jaksa Agung Michaelia Cash.

Menurut tuntutan itu, satu korban Australia telah kehilangan  952.000 dolar Australia  setelah jatuh karena penipuan. Dokumen pengadilan menyatakan bahwa penipuan itu “menipu korban hingga jutaan dolar.”

"Skenario ini dimainkan dalam penipuan mendasar yang menggunakan nama, rupa, dan reputasi Dr Forrest untuk menemukan korban, yang sering dilaporkan ditipu setelah percaya bahwa Dr Forrest sebenarnya mendukung skema investasi," kata pengacara Forrest seperti dikutip oleh Cointelegraph.

Pengacara Forrest mengatakan bahwa meskipun mereka "tidak tahu jumlah pasti atau identitas individu yang ditipu dengan alasan penipuan kejam ini, namun cakupan kerugiannya sangat luas."

Mereka menambahkan bahwa dia telah menghabiskan “ratusan ribu dolar” untuk menjauhkan diri dari penipuan sejak Maret 2019, ketika pertama kali mulai dipromosikan di Facebook.

Keluhan tersebut mengklaim bahwa akses Facebook ke data pengguna telah menjadi "kontributor utama proliferasi iklan ilegal, "berita palsu" dan materi internet yang tidak diinginkan lainnya". Forrest menambahkan bahwa kegagalan Facebook untuk menghapus iklan penipuan itu "sangat ceroboh."

 

Seorang juru bicara perusahaan induk Facebook, Meta Platforms, mengatakan kepada The Australian bahwa mereka mengambil "pendekatan multifaset untuk menghentikan iklan ini" dengan mendeteksi iklan, memblokir pengiklan yang curang, dan dalam beberapa kasus, mengambil tindakan pengadilan.

Namun, Forrest percaya bahwa raksasa media sosial itu harus berbuat lebih banyak untuk mencegah penipuan menyebar di platformnya. Karena scammers sebagian besar berlokasi di luar negeri, Forrest mengatakan bahwa mereka “tidak dapat dengan mudah dilacak.”

Dia menambahkan bahwa “cara terbaik untuk melindungi warga Australia adalah dengan mencegah Facebook – melalui penuntutan pidana – yang membiarkan dirinya digunakan sebagai alat kejahatan.”

“Facebook telah menunjukkan sedikit keinginan untuk mengatur diri sendiri atau mengambil langkah-langkah dasar untuk melindungi warga Australia dari penyalahgunaan platformnya oleh penjahat dan penipu, jadi saya tidak punya pilihan lain selain mengambil tindakan ini,” kata Forrest dikutip dari  The Australian.