Berhasil Tangkap Gambar Galaksi dengan Tajam, Jadi Bukti Teleskop James Webb Berhasil Selaraskan Cermin
Ilustrasi (Dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa James Webb akhirnya menyelesaikan fase penyelarasan cermin, dibuktikan dengan menunjukkan hasil gambar yang tajam dan terfokus dari sebuah galaksi.

Gambar itu merupakan bidang bintang di Awan Magellan Besar (LMC), sebuah galaksi dekat Bima Sakti yang memiliki jarak 158.000 tahun cahaya. Jika ia mengorbit galaksi kita, sejauh ini ia akan menjadi galaksi satelit terbesar. Tapi ada kemungkinan itu hanya lewat atau perlahan bergabung dengan galaksi kita.

Dengan berhasil menangkap gambar tersebut, itu artinya keempat instrumen sains Teleskop Webb sudah bekerja dengan baik.

"Gambar-gambar ini telah sangat mengubah cara saya melihat alam semesta. Kita dikelilingi oleh simfoni penciptaan, ada galaksi di mana-mana. Harapan saya adalah semua orang di dunia dapat melihatnya," ujar ilmuwan penginderaan dan kontrol muka gelombang Webb di Ball Aerospace, Scott Acton.

Melansir Space, Jumat, 29 April, langkah selanjutnya adalah commissioning instrumen sains, bersama dengan kalibrasi teleskop. Commissioning instrumen merupakan komponen dalam instrumen pencitraan.

Itu dapat melakukan hal-hal seperti menyaring jenis cahaya tertentu, menyesuaikan kamera dengan penyesuaian tertentu, atau menerapkan lensa tertentu untuk bekerja dengan baik dalam konfigurasi yang berbeda, hal ini guna memastikan mereka dapat melakukan pekerjaan ilmiah.

Commissioning sains sendiri akan memakan waktu kira-kira dua bulan, dengan Teleskop Webb tetap berada di jalur yang akan selesai pada Juni mendatang, jika semuanya berjalan sesuai rencana.

Untuk kegiatan kalibrasi, ada daftar pencapaian yang harus dicapai Teleskop Webb sebelum dinyatakan dapat beroperasi.

"Teleskop akan diperintahkan untuk menunjuk ke area yang berbeda di langit, di mana jumlah total radiasi matahari yang mengenai observatorium akan bervariasi untuk memastikan stabilitas termal ketika mengubah target," jelas NASA.

"Selanjutnya, pengamatan pemeliharaan berkelanjutan setiap dua hari akan memantau penyelarasan cermin dan, bila diperlukan, menerapkan koreksi untuk menjaga cermin di lokasi yang selaras," sambungnya.