Teleskop James Webb Tangkap Penampakan Galaksi Cartwheel Lebih Detail Dari Hubble
Teleskop James Webb abadikan galaksi Cartwheel. (ScienceAlert)

Bagikan:

JAKARTA – Teleskop James Webb dilaporkan telah berhasil menangkap penampakan galaksi Gartwheel yang dirilis pada 2 Agustus lalu. Potret galaksi tersebut dinilai lebih detail dan belum pernah ditangkap oleh teleskop sebelumnya.

Keberhasilan teleskop James Webb tersebut diklaim dapat menambah pemahaman peneliti terkait sistem perbintangan. Galaksi Cartwheel adalah galaksi yang diselimuti debu panas, 500 juta tahun cahaya dari Bumi. Galaksi tersebut dinilai sejarah pembentukan galaksi.

“Penampilannya (galaksi Cartwheel), seperti roda gerobak, adalah hasil dari peristiwa intens - tabrakan berkecepatan tinggi antara galaksi spiral besar dan galaksi kecil yang tidak terlihat dalam gambar ini,” kata perwakilan NASA dalam sebuah pernyataan terbuka, dikutip dari LiveScience.

Pihak NASA juga menyatakan bahwa galaksi tersebut dulunya kemungkinan berbentuk spiral yang mirip dengan Bima Sakti. Akibat tabrakan yang terjadi di pusat galaksi Cartwheel sehingga menciptakan dua cincin yang terlihat menyebar dari lokasi tumbukan.

Cincin bagian dalam yang cerah dipenuhi debu panas dan gugusan bintang muda, sedangkan cincin luar adalah rumah bagi bintang dan supernova yang baru lahir, menurut pernyataan dari NASA. Beberapa bentuk spiral asli masih terlihat sebagai garis-garis di antara dua cincin.

Pihak NASA mendapatkan temuan tersebut berdasarkan dari hasil tangkapan teleskop James Webb. Faktanya, teleskop James Webb bukanlah yang pertama menangkap citraan galaksi tersebut. Sebelumnya, teleskop Hubble pernah mengabadikan Cartwheel dan berhasil mendeteksi bintang-bintangnya.

Teleskop luar angkasa James Webb yang telah diluncurkan pada 25 Desember 2021 lalu itu merupakan penerus teleskop Hubble. NASA mengklaim teleskop James Webb dapat menemukan objek 100 kali lebih redup yang tidak dapat dideteksi oleh Hubble.