Space Telescope Live NASA Bisa Melihat Hasil Observasi Teleskop Hubble dan James Webb
Salah satu temuan di Space Telescope Live (foto: dok. NASA) 

Bagikan:

 JAKARTA – Space Telescope Live merupakan aplikasi berbasis web milik NASA. Aplikasi web ini diluncurkan pada tahun 2016 untuk membagikan hasil observasi terbaru dari Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Aplikasi ini memberikan informasi secara real-time sehingga penggemar astronomi bisa mengetahui kabar terkini dari alam semesta. Setelah beberapa tahun diluncurkan, aplikasi ini akhirnya tersedia untuk Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Sekarang, Space Telescope Live bisa memberikan informasi dari berbagai rentang waktu. Pengguna aplikasi tersebut bisa melihat hasil pengamatan terkini, masa lalu, maupun masa mendatang dari data teleskop Hubble dan James Webb. 

Space Telescope Live merupakan alat eksplorasi yang dirancang oleh Space Telescope Science Institute di Baltimore. NASA mengatakan bahwa alat ini dibuat untuk membantu masyarakat mempelajari hasil penyelidikan astronomi dengan cara yang mudah. 

"Dengan user interface yang didesain ulang dan fungsionalitas yang diperluas, pengguna tidak hanya mengetahui planet, bintang, nebula, galaksi, atau wilayah luar angkasa yang sedang diamati oleh masing-masing teleskop ini, tetapi juga di mana tepatnya target tersebut berada di langit," kata NASA, dikutip dari blog perusahaan.

Selain mencari tahu posisi dari objek yang diamati, masyarakat juga bisa mencari tahu jenis instrumen ilmiah yang digunakan untuk memperoleh gambar dan spektrum, berapa lama observasi dilakukan, status observasi, dan masih banyak lagi. 

"Meskipun versi terbaru dari Space Telescope Live NASA ini merupakan transformasi signifikan dari rilis sebelumnya, tim telah mengumpulkan masukan dari pengguna dan merencanakan peningkatan tambahan," ungkap NASA.

Space Telescope Live NASA bisa diakses melalui situs resmi Hubble dan James Webb. Saat mengakses webnya melalui desktop ataupun ponsel, pengguna bisa melihat detail konten yang ramah publik atau mudah dipahami di Panduan Pengguna.