YouTube Music Luncurkan Fitur Pencarian Lagu dengan Suara
 YouTube Music luncurkan fitur baru (foto: dok. YouTube) 

Bagikan:

 

JAKARTA – YouTube meluncurkan banyak fitur baru pada Oktober lalu. Salah satu fitur yang diluncurkan adalah pencarian lagu menggunakan bantuan suara. Kini, fitur tersebut diluncurkan di YouTube Music

Fitur pencarian lagu ini mirip dengan fitur Hum to Search di Google Search. Saat fiturnya diklik, pengguna bisa bernyanyi, bergumam, atau menyebutkan lirik yang mereka tahu agar judul lagu yang relevan bisa ditampilkan. 

Sebenarnya, YouTube Music sudah memiliki fitur pencarian suara. Fitur ini berada di samping kotak pencarian, tetapi tidak bisa diandalkan untuk mencari lagu secara maksimal. Oleh karena itu, YouTube Music meluncurkan fitur pencarian lagu. 

Ikon untuk fitur pencarian lagu ditempatkan di samping ikon pencarian suara. Saat ingin mencari lagu di kotak pencarian, pengguna bisa langsung mengeklik ikon tersebut dan YouTube Music akan meminta pengguna untuk bernyanyi atau bergumam.

Fitur yang baru diluncurkan ini menggunakan Kecerdasan Buatan (AI) sehingga YouTube Music bisa mencocokkan suara pengguna dengan rekaman aslinya. Hanya dengan sedikit bergumam, aplikasi tersebut bisa menunjukkan hasil lagu yang sesuai.

Sepertinya fitur ini masih diluncurkan secara bertahap karena 9to5google hanya menemukan fitur pencarian lagu di beberapa perangkat dengan sistem iOS. Fitur ini belum terlihat di perangkat dengan sistem Android.

Jika pengguna Android ingin mencari lagu yang judulnya mereka lupakan, mereka bisa mencoba fitur Hum to Search di Google Play Music atau Google Search. Fitur ini bisa diandalkan meski hasil pencariannya tidak selalu baik.