Bagikan:

JAKARTA – Saat Anda ingin mencari sejumlah informasi di Google Search, Anda mungkin menyadari platform ini memiliki fitur baru yang disebut AI Overview. Fitur ini akan muncul dan menjawab pertanyaan Anda.

Meski fitur ini cukup berguna, sebagian pengguna mungkin merasa terganggu dengan adanya fitur ini. Terlebih lagi, Anda masih harus menggulir layar ke bawah untuk menemukan lebih banyak tautan yang relevan dengan apa yang Anda cari.

Dalam waktu dekat, Google juga akan menyertakan iklan di bagian AI Overview sehingga tampilannya akan memakan lebih banyak tempat. Jika Anda salah satu pengguna yang terganggu dengan ada fitur tersebut, Anda bisa menonaktifkan fiturnya.

Sebenarnya, Google tidak meluncurkan pengaturan apa pun untuk mematikan AI Overview. Namun, Anda bisa mengonfigurasi ulang opsi mesin pencari default. Mengutip dari tenbluelinks, berikut ini cara menyingkirkan AI Overview di Chrome.

Hilangkan AI Overview di Windows dan Mac

Jika Anda pengguna Windows dan Mac, buka Pengaturan Chrome, lalu cari Mesin Pencari. Setelah itu, buka Kelola Mesin Pencari dan Pencarian Situs, kemudian pilih Tambahkan di samping menu Pencarian Situs.

Berikutnya, tambahkan nama panggilan untuk Google versi tanpa AI di bagian nama, tambahkan pintasan, lalu masukan URL berikut: {google:baseURL}search?q=%s&udm=14. Setelah semua tahapan selesai, tekan Simpan dan Tambah, lalu pilih Jadikan Default.

Hilangkan AI Overview di Android dan iOS

Jika Anda pengguna Android atau iOS, Anda perlu mengikuti tahapan yang berbeda. Pertama, buka tab baru di Chrome, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas untuk perangkat Android atau pojok kanan bawah jika Anda menggunakan iOS.

Setelah itu, pilih Pengaturan, lalu klik Mesin Pencari. Berikutnya, pilih Google Web di bagian Baru-baru Ini Dikunjungi. Setelah mengikuti tahapan tersebut, AI Overview akan menghilang. Anda hanya akan melihat halaman Search seperti sebelumnya.