Bagikan:

JAKARTA – Setelah mengumumkan kehadiran AI Overview untuk Google Search di I/O 2024 pada 15 Mei lalu, Google mengatakan bahwa mereka akan menambahkan iklan ke dalam fitur tersebut dalam waktu dekat.

Disampaikan melalui blog perusahaan pada Selasa, 21 Mei, perusahaan itu menjelaskan bahwa tahap pengujian awal sudah dimulai dan respons yang diterima sangat positif. Maka dari itu, dalam waktu dekat, Google akan menguji fiturnya ke lebih banyak pengguna.

Tidak dijelaskan kapan pengujian akan dimulai, tetapi negara pertama yang menjadi tempat pengujian adalah AS. Nantinya, pengguna Search di AS akan melihat label Bersponsor di bagian atas atau di bagian bawah rangkuman dari AI Overview.

Meski beberapa website berasal dari para pengiklan, Google tetap menempatkan situs webnya sesuai dengan hasil pencarian penggunanya. Dengan kata lain, website Bersponsor akan relevan dengan kueri dan informasi di dalam rangkuman.

BACA JUGA:


Google sengaja menambahkan iklan ke AI Overview karena rangkuman di bagian atas hasil penelusuran ini membawa keuntungan. Berdasarkan temuan perusahaan tersebut, situs web yang disertakan ke dalam AI Overview mendapatkan lebih banyak pengunjung.

"Kami menemukan bahwa orang yang menggunakan Ikhtisar AI sebenarnya lebih banyak menggunakan Search dan lebih puas dengan hasilnya," kata Google. "Ketika orang mengeklik tautan dari Ikhtisar AI, klik tersebut memiliki kualitas lebih tinggi."

Selain itu, Google menemukan bahwa pengguna Search lebih banyak menghabiskan waktu di situs web yang muncul di AI Overview. Hal ini membuat lalu lintas konten mengalami peningkatan sehingga Google tertarik untuk menambahkan iklan.