Bagikan:

JAKARTA – AI Overview, fitur ringkasan berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di Google Search, menjadi viral setelah memberikan jawaban yang aneh. Alat AI ini menyarankan pengguna menempelkan lem di pizza mereka.

Jawaban yang tidak masuk akal ini mendapatkan pembelaan dari Google beberapa waktu lalu. Dijelaskan oleh Kepala Google Search, Liz Reid, AI Overview bisa memberikan jawaban yang kurang akurat karena alat ini mengambil informasi dari situs web relevan.

Saat menyarankan pengguna untuk menaruh lem di atas pizza agar keju tetap menempel, sudah jelas bahwa AI Overview mengambil komentar dari platform Reddit sebagai jawaban. Maka dari itu, jawaban yang diberikan bisa sarkastik atau satir.

Setelah memberikan penjelasan mengenai kesalahan AI Overview, fitur ini mulai jarang muncul di dalam pencarian pengguna. Hal ini terjadi karena Google ingin memperbaiki kemampuan pendeteksian dan menambahkan batasan pemicu.

Namun, tampaknya kesalahan ini belum diperbaiki sepenuhnya karena Google masih merekomendasikan penggunaan lem di pizza. Berdasarkan temuan pengembang Bluesky, dikutip dari 9to5google, Google merekomendasikan penggunaan lem dengan cara yang baru.

Ketika mencari tahu tentang "berapa banyak lem yang harus ditambahkan ke pizza" di Google Search, AI Overview memberikan informasi terkini dari beberapa berita. Padahal, link berita yang ditautkan memberikan informasi mengenai kesalahan dari AI Overview.

Dengan menambahkan tautan berita, AI Overview terlihat seperti memberikan jawaban yang sebenarnya, bukan sarkastik. Setelah hasil penelusuran ini viral, Google bertindak cepat dengan menonaktifkan hasil pencarian mengenai penggunaan lem di pizza.