Bagikan:

JAKARTA – YouTube meluncurkan alat baru bagi para pembuat konten yang bingung dalam memilih thumbnail. Fitur baru ini akan membantu pengguna dalam menguji dan membandingkan kinerja thumbnail video.

Sebenarnya, fitur pengujian yang disebut Uji dan Bandingkan Thumbnail ini sudah diluncurkan pada Juni tahun lalu. Namun, fitur ini hanya bisa diakses oleh ratusan pengguna yang terdaftar sebagai pembuat konten.

Sekarang, seluruh pembuat konten sudah bisa menggunakan fitur Uji dan Bandingkan Thumbnail. Melalui halaman Komunitas, YouTube mengatakan bahwa fitur ini bisa digunakan selama pembuat konten memiliki akses ke fitur lanjutan.

Sebagian pembuat konten sudah bisa mengakses fitur ini, sedangkan sebagiannya lagi masih harus menunggu beberapa waktu lagi. Jika fiturnya belum tersedia, pembuat konten bisa memeriksa apakah akun mereka memenuhi syarat untuk menggunakan fitur tersebut.

Untuk memeriksanya, pembuat konten bisa membuka setelan saluran di Studio dan membuka menu Kelayakan Fitur. Jika pembuat konten melihat menu Diaktifkan di samping Fitur Lanjutan, akun tersebut akan mendapatkan fitur Uji dan Bandingkan Thumbnail.

"Dengan cara ini Anda dapat mulai menggunakan Uji & Bandingkan segera setelah Anda memiliki akses. Kami akan memperbarui postingan ini setelah kami meluncurkan Uji Gambar Kecil & Bandingkan dengan semua orang," kata YouTube, dikutip pada Rabu, 12 Juni.

Selama menggunakan fitur Uji dan Bandingkan Thumbnail, pembuat konten bisa mengunggah tiga thumbnail. Setelah diunggah, YouTube akan menampilkan thumbnail-nya secara merata kepada seluruh penonton videonya.

"Mungkin diperlukan waktu beberapa hari atau hingga dua minggu untuk mendapatkan hasil akhir tes dari gambar mini Anda. Seringkali bahkan setelah dua minggu pengujian, Anda mungkin masih belum mendapatkan hasil tes 'Pemenang'," jelas YouTube.