YouTube Uji Coba Fitur Tab Promosi Baru di Desktop ke Beberapa Kreator Terpilih
YouTube hadirkan kemampuan baru untuk pembuat konten (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan kreator untuk mempromosikan saluran dan kontennya tanpa memiliki Pengelola Iklan Google. 

Melansir dari halaman dukungan YouTube, perusahaan milik Google ini sedang menguji tab "Promosi" baru di YouTube Studio yang diklaim akan mempermudah pembelian iklan bagi kreator. 

"Kami mendengar bahwa pembuat konten menginginkan lebih banyak alat untuk membantu mengembangkan salurannya dan menjangkau pemirsa yang lebih luas, jadi kami menguji alur kerja menyeluruh yang lebih sederhana di Studio, bukan melalui Google Ads," tulis salah satu tim YouTube. 

Perusahaan mengatakan bahwa eksperimen ini dilakukan secara terbatas. YouTube hanya mengujinya kepada beberapa pembuat konten di desktop yang terpilih. Mereka akan melihat tab "Promosi" baru di halaman Konten Studio. 

Seperti pengujian lainnya, belum diketahui apakah YouTube akan memperluas tab baru tersebut kepada seluruh pembuat konten secara global, jadi, mari nantikan informasi lebih lanjut. 

Lebih lanjut, Berdasarkan video yang diunggah di YouTube Creator Insider, seorang analis kebijakan Lewis mengungkapkan bahwa YouTube memberikan kemampuan untuk kreator dapat melihat metrik utama di aplikasi YouTube.

Sebelumnya, kreator hanya memungkinkan untuk melihat metrik tentang video, Shorts, dan live stream dari aplikasi Studio. Tapi sekarang, mereka dapat melihat metrik ini dari aplikasi utama YouTube di iOS dan Android. 

Tujuannya adalah, dengan tambahan baru ini  dapat membantu pembuat konten memahami bagaimana kinerja satu jenis konten dibandingkan yang lain di saluran mereka.

YouTube juga menghadirkan kemampuan untuk kreator dapat menjadwalkan, mengelola atau mengedit streaming seluler langsung dan yang akan datang di Ruang Live Control dan YouTube Studio.