YouTube, Instagram, Discord, dan Twitter, Hapus Video Tersangka Kasus Penembakan Massal di New York
Robert Crimo III alias Awake, tersangka kasus penembakan massal. (foto: twitter @CaliCat58551254 )

Bagikan:

JAKARTA - YouTube, Instagram, Discord, dan Twitter bergerak dengan cepat menarik halaman media sosial yang tampaknya milik Robert Crimo III. Ia adalah tersangka dalam kasus penembakan di pinggiran kota Chicago yang menewaskan enam orang dan puluhan luka-luka.

Lewat nama alias, Crimo tampaknya telah memposting lebih dari selusin video ke YouTube dan menyelenggarakan saluran Discord bernama "SS," yang terbuka untuk umum melalui tautan undangan.

Akun YouTube Crimo yang jelas tidak diposting dalam waktu sekitar delapan bulan, berdasarkan tampilan The Verge sebelum akun itu ditarik. Video terbaru termasuk tentang bahasa dan citra yang tampaknya melibatkan ruang kelas dan penggambaran stick-art dari orang-orang yang ditembak.

Klip lain tampaknya adalah video musik untuk lagu rap, yang berakhir dengan Crimo yang mengenakan alat pelindung dan memegang peluru di tempat yang tampak seperti ruang kelas.

Di bawah alias rap,  Crimo tampaknya telah memposting beberapa album ke Spotify dan beberapa EP dan single ke Apple Music, yang keduanya tetap online hingga tulisan ini dibuat. Posting media sosial menunjukkan akun TikTok yang ditautkan ke Crimo mungkin telah dihapus juga.

The Verge telah menghubungi semua platform yang disebutkan di atas untuk memberikan komentar. Namun tidak ada yang menanggapi laporan itu.

Setelah kasus penembakan massal di Buffalo, New York pada bulan Mei, dengan cepat diketahui bahwa tersangka penembakan telah mendiskusikan rencana serangannya ke server Discord pribadi. Dia juga menggunakan Twitch untuk menyiarkan langsung serangannya.

Kurang dari dua minggu lalu, Mahkamah Agung AS memutuskan bahwa seharusnya pihak negara bagian untuk membatasi penggunaan senjata agar lebih sulit digunakan oleh anak-anak atau remaja.